Pendaftar CPNS di Pati 341 Orang per Hari Ini

0
15
Tampilan website seleksi penerimaan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati mencatat pendaftar CPNS dari awal pembukaan s/d hari ini pukul 08.00 sebanyak 341 orang. Sedangkan pendaftar PPPK non-guru di waktu yang sama sebanyak 7 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Formasi dan Jabatan, Rizki Hermanu menyatakan meski BKPP aktif mensosialisasikan seputar informasi calon aparatur sipil negara (CASN) di berbagai platform media sosial. Namun, ada sejumlah masyarakat yang masih belum faham mekanisme pendaftaran CASN.

Menurutnya, baik tata cara pendaftaran hingga persyaratan yang wajib disiapkan sudah dicantumkan dalam pengumuman pendaftaran. BKPP memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mengumumkan berbagai informasi.

“Sebenarnya semua tata cara pendaftaran dan persyaratan sudah jelas tercantum dalam pengumuman pendaftaran,” kata Rizki kepada Samin News, Selasa (6/7/2021).

Meski demikian, banyak pelamar masih sering bertanya karena masih kurang yakin dan ada yang belum membaca pengumuman secara keseluruhan. Calon pendaftar bertanya melalui media sosial milik BKPP.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pendaftar, kata dia yaitu terkait dengan kualifikasi atau persyaratan pendidikan minimal, perbedaan swafoto dan pas foto. Mengenai alur pendaftaran CPNS maupun PPPK.

Kemudian, pelamar juga banyak yang bertanya tentang persyaratan yang saat ini masih berupa surat keterangan atau masih dalam proses, usia dan batasan IPK pelamar.

BKPP Pati secara aktif memberikan jawaban dari pertanyaan yang muncul oleh pelamar. Di samping itu, ia mengatakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga akan membantu pelamar dengan menyediakan waktu khusus bagi masyarakat yang bertanya terkait CASN.

“Tanggal 6-20 Juli, BKN Pusat akan mengadakan tanya jawab kepada pelamar, ini salah satu tanggung jawab pemerintah pusat untuk juga memberikan informasi kepada pelamar. Dan efektif karena pelamar bisa ikut serta,” ujar Rizki.