Minggu Kemarin Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19 Menurun di Angka 16

0
64
Tim pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, tiap hari selalu menghadapi tugas seperti ini.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Menurunnya jumlah jenazah yang dimakamkan standar protokol Covid-19 berlangsung sejak Jumat (2/Juli) hingga Minggu (4/Juli) kemarin, paling tidak hal itu sedikit melegakan tim pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kendati tiap hari sejak itu penurunannya hanya pada dua angka, tapi yang penting tidak lagi terjadi kenaikan.

Dengan demikian, papar koodinator tim pemakaman BPBD Pati, Khayun Fulanun, dalam kondisi tersebut tidak hanya pihaknya yang tumbuh rasa optimistis bahwa penurunan akan terus terjadi, tapi masyarakat luas pun mengharap hal yang sama. Karena itu, tent menunjukkan adanya indikasi bahwa yang saat ini positif terpapar dan menjelani perawatan di rumah sakit, tentu mendapatkan kesembuhan.

Telepas daru hal yang disebut terakhir, paling tidak, jika tiap hari jenazah yang dimakamkan standar protokol Covid-19 terus berkurang, maka lama kelamaan tentu akan berakhir dengan sendirinya. ”Tentang kapan itu waktunya, kalau kami beserta tim mengharap lebih cepat tentu lebih baik, sehingga tidak hanya tim BPBD tapi juga tim yang dibentuk oleh desa tidak lagi akan memakamkan jenazah standar protokol Covid-19,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, khusus yang disebut terakhir, hanya ada satu tim pemakaman desa yang hari ini melaksanakan tugas pemakaman, yaitu Desa Panjunan, Kecamatan Pati. Untuk desa lainnya, tidak ada laporan, dan timnya sendiri atau tim BPBD Pati 4 sampai siang hari ini, untuk sementara hanya memakamkan dua jenazah.

Sedangkan tim utara atau Pati 2 juga hanya 3 jenazah semoga sampai sore nanti tidak ada lagi penambahan. Di sisi lain, untuk tim Pati 1 dan Pati 3 juga tidak lagi memakamkan banyak jenazah melainkan cukup dengan Minggu kemarin, atau berkurang lagi dua jenazah tentu benar-benar terus terjadi penurunan.

Jika mau tahu selengkapnya, Minggu kemarin timnya atau tim Pati 4 memang tidak berangkat melaksanakan tugas karena sejumlah personelnya banyak kegiatan internal. ”Akan tetapi untuk tim Pati 1 kemarin memakamkan (8 jenazah), Pati 2 (utara) sebanyak (4 jenazah) dan Patu 3 juga hanya 4 jenazah, maka jumlah selurunya (16 jenazah).

Dibanding sehari sebelumnya, Sabtu (3/Juli) memang berkurang 2 karena hari itu ada (18 jenazah). ”Semoga saja hari ini, Senin (5/Juli) juga mengalami penurunan lagi,” harap Khayun Fulanun.