Kemarin Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19 Turun Jauh di Bawah Angka 20

0
52
Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 yang berlangsung, Kamis (8 Juli) kemarin pagi dilanjutkan pada malam hari.(Foto:SN/dok-frpb)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seluruh Tim Pemakaman Jenazah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, rasanya patut bersyukur karena jumlah jenazah warga Pati yang meninggal dan dimakamkan standar protokol Covid-19, Kamis (8/Juli) kemarin berkurang jauh di bawah angka 20. Yakni, sebanyak 14 jenazah yang sudah barang tentu kembali diharapkan untuk Jumat (9/Juli) hari ini juga semakin banyak berkurang.

Dengan demikian, jika hal tersebut bisa terwujud maka jumlah warga yang tengah menjalani perawatan juga banyak berkurang, atau bisa banyak disembuhkan. Akan tetapi, kendati itu hanya harapan tapi tentu harapan bukan hanya oleh tim pemakaman melainkan oleh banyak warga Pati yang selama ini terpaksa harus menghadapi kondisi di masa pandemi yang membinggungkan ini.

Berkurangnya jenazah yang boleh dibilang lumayan banyak dibanding hari-hari sebelumnya, papar Koodinator Pemakaman BPBD Kabupaten Pati, Khayun Fulanun, pihaknya sejak pagi merasa optimistis akan terjadi atau tiba saatnya. ”Padahal, pagi-pagi data jenazah yang masuk daftar untuk dimakamkan oleh tim sudah ada sembilan,” ujarnya.

Proses pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 yang diusung ambulans dari rumah sakit, Kamis (8 Juli) kemarin.(Foto:SN/dok-frpb)

Akan tetapi, lanjutnya, sampai siang hari pihaknya belum mendapat daftar adanya penambahan jenazah yang harus dimakamkan. Informasi tersebut baru masuk pada sore hari, setelah tim Pati 1 selesai memakamkan (3 jenazah), tim Pati 3 dan Pati 4 masing-masing juga selesai memakamkan jenazah dalam jumlah yang sama, atau seluruhnya sembilan jenazah.

Sedangkan penambahan jenazah yang harus dimakamkan oleh tim pada sore hari kemarin, masing-masing ada 3, dan ada satu tim yang memakaman sampai malam karena menunggu selesainya pemulasaraan jenazah. Yaitu, jenazah seorang warga Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen yang sebelum meningal sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Mitra Bangsa Pati.

Pemakaman jenazah standa protokol Covid-19 yang berlangsung semalam (tadi malam).(Foto:SN-dok-frpb)

Berlangsungnya penambahan pemakaman jenazah pada sore hari itu, maka akhirnya ketiga tim semuanya memakamkan 12 jenazah, atau masing-masing 4 jenazah kemudian ditambah pemakaman lainnya oleh Tim BPBD Pati 2 (utara) sebanyak (2 jenazah). ”Dengan demikian, dalam pelaksanaan pemakaman kemarin tidak ada tambahan kiriman jenazah warga Pati yang berada di daerah lain,  dan juga tidak ada pemakaman oleh tim desa,” imbuhnya.