Di Kabupaten Pati Tak Buka CASN Bagi Lulusan SMA

0
47
Kepala Bidang Formasi dan Jabatan, Rizki Hermanu S.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam kesempatan penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021 membuka sejumlah formasi dari latar belakang pendidikan perguruan tinggi (PT). Bagi yang mempunyai ijazah diploma dan sarjana bisa ikut mendaftar penerimaan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Formasi dan Jabatan pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Rizki Hermanu. Pihaknya mengatakan di lingkungan Pemkab Pati sedianya belum membutuhkan CASN dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Di Kabupaten Pati tidak ada formasi untuk lulusan SMA/Sederajat,” ujar Rizki kepada Samin News, Selasa (6/7/2021).

Ia menuturkan, selain sebelumnya ada informasi yang beredar terkait dengan masih belum dibukanya PPPK Guru oleh pemerintah, namun kini pelamar yang hendak mendaftar formasi PPPK Guru akses tersebut sudah dibuka. Hanya saja proses penerimaannya dipegang oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Oleh sebab itu, pihaknya tidak bisa memastikan seberapa banyak jumlah pelamar PPPK Formasi Guru di Kabupaten Pati. Sebab, memang itu adalah ranah Kementerian. “BKPP hanya diberi kewenangan untuk membantu pengumuman. Sedangkan untuk verifikasi berkas dari kemendikbud,” jelasnya.

Menurut Rizki, CASN pelamar CPNS di lingkungan Kabupaten Pati bahwa BKPP mencatat pendaftar CPNS dari awal pembukaan s/d hari ini pukul 08.00 sebanyak 341 orang. Sedangkan pendaftar PPPK non-guru di waktu yang sama sebanyak 7 orang.

Saat ini BKPP Pati memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada peserta sehingga tidak ada kendala yang berarti. Karena hampir seluruh pelamar pasti mempunyai media sosial seperti Instagram, Facebook dan maupun mengakses website resmi.

“Informasi yang kami sampaikan bisa langsung diterima dan peserta bisa bertanya seputar penerimaan CPNS dan PPPK,” terang Rizki.

Pihaknya mengaku media sosial BKPP sangat aktif menjawab pertanyaan yang muncul di medsos milik instansinya. Bahkan ada pelamar yang akan mendaftar CPNS di kabupaten lain bertanya di media sosialnya BKPP Pati karena saking aktif menjawab.