Desa Tanjang Ikuti Pilkades PAW 3 Juli

0
98
Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Tanjang, Kecamatan Gabus Bambang Budiono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Desa Tanjang, Kecamatan Gabus dijadwalkan mengikuti pemilihan kepala desa pergantian antar waktu (Pilkades PAW) pada tanggal 3 Juli 2021. Desa Tanjang satu dari enam desa di Kabupaten Pati yang bakal mengikuti Pilkades PAW tersebut.

Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Tanjang, Kecamatan Gabus Bambang Budiono menyatakan sebelumnya panitia telah membuka pendaftar calon kepala desa. Dalam pelaksanaannya, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui layaknya Pilkades pada umumnya.

“Rabu kemarin sudah verifikasi tiga calon dan Kamis hari ini ditetapkan calon lalu mengambil nomor undian,” kata Bambang kepada awak media seusai pengundian di balaidesa setempat, Kamis (1/7/2021).

Pemilihan Kades PAW Desa Tanjang ini, lanjutnya diikuti pendaftarnya sedikitnya ada tiga. Masing-masing atas nama Bapak H Siswanto, Bapak Komari dan Ibu Sriyati.

Menurutnya, sebelum pengundian masing-masing pendaftar dalam kesempatan itu ditanya apakah yang bersangkutan siap dan bersedia dicalonkan atau sebaliknya. Dua di antaranya menyatakan siap mengikuti yakni H Siswanto bersedia dicalonkan, kemudian Bapak Komari juga bersedia

“(tetapi) Ibu Sriyati tidak bersedia dengan alasan suaminya sudah mencalonkan diri yaitu suami dari H Siswanto, jadi tinggal dua calon kades,” ujar Bambang.

Ia mengatakan Siswanto sebelumnya merupakan Ketua RT 4 RW 1, sedangkan Komari berlatar pensiunan. Kemudian setelah pengundian nomor, panitia Pilkades masih ada tahapan lagi terkait pembahasan tatib pemilihan.

“Besok akan ada tahapan Santiaji dari Panwas, besok panitia akan mengundang kedua calon juga masing-masing saksinya untuk membahas tata cara pelaksanaan pemilihan,” imbuhnya.

Pihaknya menegaskan periode kepemimpinan itu nantinya sekitar masih lima tahun ke depan. Dimana mengganti kades sebelumnya lantaran meninggal dunia, artinya meneruskan sisa jabatannya. Dan akan dipimpin oleh kades terpilih besok.

Untuk diketahui, selain Desa Tanjang yang menyelenggarakan Pilkades PAW itu ada beberapa desa lainnya. Mulai Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana; Bumirejo Kecamatan Juwana; Pakis Kecamatan Tayu; Tegalarum Kecamatan Margoyoso dan Desa Bageng Kecamatan Gembong.