Bagi Pemilik SIM Habis di Masa PPKM, Ada Dispensasi Tanggal 2 s/d 7 Agustus

0
13
Kak Supp, [29.07.21 12:16] Masyarakat mengantre saat mendaftar hendak mengurus SIM di Satlantas Polres Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya dari tanggal 3 Juli sampai 2 Agustus 2021, Pemerintah memberikan dispensasi atau keringanan kepada masyarakat. Hal itu untuk mendukung kebijakan perpanjangan PPKM Level 4 di tengah masa pandemi Covid-19.

Dispensasi SIM ini berlaku untuk semua golongan. Akan tetapi, bagi pemilik SIM yang tidak memperpanjang di waktu tersebut, maka harus melakukan perpanjangan dengan mekanisme penerbitan baru.

Kasat Lantas Polres Pati melalui Baur SIM, Bripka Hery Prayitno menyatakan sejak ditetapkanya PPKM Darurat dan diperpanjang Level 4 ini, kemudian disesuaikan dengan waktu dispensasi yang juga diperpanjang.

“Untuk dispensasi SIM, kemarin ada surat Telegram resmi dari satuan atas bahwa sim yang mati mulai tanggal 3 Juli hingga 2 Agustus 2021 dapat diperpanjang dalam waktu yang sudah ditentukan oleh pusat yaitu mulai tanggal 2 s/d 7 Agustus 2021,” ujarnya kepada Samin News, Kamis (29/7/2021).

Pihaknya mengaku penyesuaian kebijakan oleh Satlantas Polres Pati yakni terkait perpanjangan dispensasi disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Yaitu melihat perkembangan pandemi dengan mendasarkan keputusan dari satuan atas.

“Nanti kita menyesuaikan dari satuan atas terkait dengan petunjuknya bagaimana,” tambah Hery.

Artinya, bagi pemilik SIM yang sudah mati dan belum memperpanjang 23 s/d 27 Juli sesuai kebijakan di awal, maka dipastikan dapat diperpanjang setelahnya hingga awal Agustus tersebut.

“Masih ada jeda waktu yang lebih panjang, jadi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” Hery menjelaskan.

Ia mengatakan saat ini sudah cukup banyak yang melakukan perpanjangan SIM. “Kemarin juga ada beberapa ibu-ibu berterima kasih, karena di masa sulit seperti ini pemerintah memberikan dispensasi kelonggaran khusus perpanjangan SIM,” ucapnya.