Tengah Malam Selesai Dimakamkan Lagi Satu Jenazah Standar Protokol Covid-19

0
77
Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 pada tengah malam, karena meninggalnya pada malam hari sehingga harus dilangsungkan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah siang menjelang sore, Selasa (1/Juni) 2021 kemarin di Pati tambah lagi dua jenazah yang harus dimakamkan standar protokol Covid-19, ternyata hal tersebut masih berlanjut. Sebab, malam harinya atau pada tengah malam masih juga tambah lagi satu jenazah lainnya yang harus dimakamkan standar sama.

Dengan demikian, hal itu tetap menjadi teka-teki dan misteri bahwa masa pandemi Covid-19 tersebut kapan berakhirnya belum diketahui secara pasti. Hanya saja, dalam satu hari seperti kemarin hingga malam tadi jenazah yang dimakamkan dengan protokol tersebut seluruhnya berjumlah lima orang secara beruntun.

Bahkan  sehari sebelumnya, Senin (31 Mei) 2021, Koordinator Pemakaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati 1, Khayun Fulanun, ketika ditanya berkait dengan kondisi tersebut di Pati saat ini menyatakan, tak habis mengerti. ”Tugas kami bersama teman-teman tim baik Pati 1 maupun Pati 2 hanya memakamkan jenazah sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Beruntung saat sekarang banyak tempat pemakaman umum (TPU) yang sudah dilengkapi sarana penerangan sehingga bila berlangsung pemakaman pada malam hari tidak banyak kesulitan.

Karena itu, lanjutnya, dalam menghadapi kondisi seperti sekarang ini dengan kematian yang harus dimakamkan oleh tim tentu hanya bisa mengaharap. ”Akan tetapi, untuk sekadar mengharap saja juga membingungkan karena kematian yang terjadi ini berlangsung secara beruntun, baik pagi, siang, sore maupun malam.” imbuhnya.

Dalam kesempatan terpisah, salah seorang anggota tim pemakaman BPBD Pati 1, Purnama, seperti biasanya mengajak warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Dengan kata lain, hal itu jangan sampai abai karena dampaknya penyebaran Covid-19  akan semakin sulit untuk ditekan dan dikendalikan.

Menjawab pertanyaan, dia menambahkan sekaligus mengharap agar hari ini jangan ada lagi pemakaman jenazah standar protokol Covid-19. ”Adapun tambahan satu jenazah yang dimakamkan semalam, adalah seorang laki-laki warga Kampung Kaborongan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati yang meninggal di Rumah Sakit (RS) KSH Pati,” pungkasnya.