Tengah Malam Hingga Dinihari Tambah Dua, Pagi Hari Ini Satu Jenazah Dimakamkan Standar Protokol Covid-19

0
123
Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 yang berlangsung pada tengah malam hingga dini hari seperti ini tak bisa dihindari.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tim Pemakaman Jenazah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati 1 mengira, bahwa pelaksanaan pemakaman Kamis (3/Juni) malam (tadi malam), paling lambat akan berakhir pada pukul 22.00. Adapun lokasi pemakamannya di Desa Jontro, Kecamatan Wedarijaksa, untuk jenazah seorang laki-laki yang sebelumnya dirawat di RSUP Dokter Kariadi Semarang.

Akan tetapi selesai itu, ternyata pada tengah malam masih ada tambahan lagi pemakaman jenazah seorang laki-laki, warga Desa Winong, Kecamatan Pati. Sebelum meninggal almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati, dan berikutnya masih ada juga tambahan satu lagi.

Khusus yang disebut terakhir, berdasarkan keterangan yang dihimpun ”Samin News” menyebutkan, yaitu jenazah seorang laki-laki warga Dukuh Gempol, Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana. Sebelum meninggal alamrhum juga dirawat di RS KSH Pati, sehingga pelaksanaan pemakamannya berurutan maka hal tersebut baru berakhir hingga subuh dinihari.

Dengan demikian, dalam waktu satu hari hingga malam dan dinihari, untuk kematian di Pati yang pemakamannya harus dilaksanakan sesuai standar protokol Covid-19 berlangsung sebanyak sepuluh kali. Akan tetapi, satu di antaranya ada pemakaman jenazah dari RS  Tlogorejo Semarang yang dilaksanakan oleh relasi RS yang bersangkutan.

Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 seperti ini oleh Tim Pemakaman Jenazah BPBD sudah berlangsung hampir selama satu tahun.

Secara rinci untuk pemakaman dimulai oleh Tim Pati 1 (Pati selatan) Kamis pagi kemarin sekitar 06.30 untuk jenazah seorang laki-laki, warga Desa Plangitan, Kecamatan Pati dari Rumah Sakit (RS) Fastabiq Sehat Pati. Menyusul berikutnya, pemakaman jenazah seorang perempuan, warga Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan dari RSUD RAA Soewondo Pati.

Menyusul berikutnya, pemakaman jenazah seorang laki-laki, warga Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen dari RS KSH Tayu. Disusul pemakaman jenazah seorang perempuan, warga Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti dari RSUP Dokter Kariadi Semarang oleh Tim Pati 2 (Pati utara), dan setelah itu untuk pemakaman berikutnya semua oleh tim Pati 1.

Masing-masing untuk jenazah seorang perempuan, warga Desa/Kecamatan Wedarijaksa dari RSUOP Dokter Kariadi pula. Disusul pemakaman jenazah seorang laki-laki, warga Desa Trimulyo, Kecamatan Juwana yang sebelumnya dirawat di RS KSH Pati, dan malam harinya pemakaman jenazah seorang laki-laki, warga Desa Jontro, Kecamatan Wedarijaksa juga dari RSUP Dokter Kariadi Semarang.

Tengah malam hingga subuh dinihari tadi dilanjutkan pemakaman dua jenazah semuanya laki-laki, warga Desa Winong, Kecamatan Pati, dan warga Dukuh Gempol, Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana, dan keduanya dirawat di RS KSH Pati. Untuk Jumat (4/Juni) pagi ini juga akan kembali dimakamkan jenazah seorang laki-laki, warga Desa Panjunan, Kecamatan Pati.