SMA Negeri 1 Pati Siap Ikuti PPDB Tahun 2021

0
57
ilustrasi PPDB Tahun 2021

SAMIN-NEWS.com, PATI – SMA Negeri 1 Pati siap menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022. PPDB jenjang SMA di Jawa Tengah dilaksanakan secara online.

“Untuk persiapan, kita mengikuti juknis tahapannya sudah ada tinggal menyesuaikan. Terutama persiapan terkait prokes,” kata Kepala SMA Negeri 1 Pati melalui Humasnya, Retno Widoyati, Selasa (15/6/2021).

Terkait dengan PPDB ia mengaku tidak ada masalah dan semuanya sudah siap. Namun yang perlu persiapan saat pembelajaran adalah penerapan protokol kesehatan. Misalnya pengaturan masuk sekolah, penyediaan peralatan lain berhubungan prokes, hand sanitizer.

Retno mengungkapkan terkait kesiapan PPDB, SMA Negeri 1 Pati juga menyediakan layanan pengaduan masyarakat. Layanan ini disediakan bagi masyarakat yang hendak tanya seputar teknis mekanisme ppdb.

“Karena PPDB secara online, dikerjakan dari rumah hanya ketika ada masalah itu bisa kami bantu. Selain itu pelayanan melalui WhatsApp dan telepon, itu masyarakat terlayani terkait persoalan teknis,” paparnya.

Ia melanjutkan tahapan PPDB jenjang SMA itu tanggal 2 s/d 9 Juni entry data melalui data pokok pendidikan (Dapodik) SMP. Pengisian ke sistem Dapodik ini misalnya piagam, nilai siswa, kk dan lainnya.

Kemudian verifikasi data siswa. Data yang dimasukkan tersebut sudah valid atau sebaliknya. Lalu tanggal 14 s/d 19 Juni pengajuan akun siswa atau membuat akun terlebih dahulu.

“Setelah aktifasi akun, digunakan saat mendaftar pada tanggal 21 sampai 24 Juni,” pungkas Retno.