Plt Camat Wedarijaksa; Warga yang Positif Terpapar Covid-19 Jangan Putus Asa

0
297
Camat Juwana Drs Sugiyono yang juga Pelaksana tugas (Plt) Camat Wedarijaksa.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Disampaikan kepada warga di Kecamatan Wedarijksa yang saat ini terpapar positif Covid-19, hendaknya jangan putus asa tapi harus kuat melawan penyebaran virus tersebut. Dengan demikian, jika hasil tracking untuk swab antigen maupun PCR positif agar segera melakukan isolasi mandiri.

Jika me ngahadapi keterbatasan berkait hal itu, papar Camat Juwana, Drs Sugiyono yang juga Pelaksana tugas (Plt) Camat Wedarijkasa, hendaknya warga di lingkungan masing-masing untuk ”jaga tetangga” harus aktif ikut ambil peran. Hal tersebut di setiap desa juga mempunyai Bhabinkamtibmas, dan juga Babinsa.

Dari personel petugas di desa-desa ini juga harus benar-benar maksimal perannya dalam mengedukasi warga bersama jajaran pemerintahan desa. ”Sedangkan dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, kami juga selalu melakukan operasi yustisi bersama jajaran Muskipa dan lentas sektiral lainnya,” ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, bagi warga bersama jajaran personel kesehatan Puskesmas Wedarijaksa I yang positif terpapar, hendaknya berupaya maksimal untuk melaksanakan isolasi mandiri. Jika belum maksimal hendaknya ke rumah sakit, mengingat saat ini yang harus menjalani perawatan juga ada, dan tersebar di beberapa rumah sakit.

Kendati demikian, kondisi demikian jangan sampai kendor untuk menjalani isolasi termasuk yang melakukan swab mandiri, tapi hasilnya ada yang positif terpapar seharusnya juga melakukan isolasi. Jika hal itu tidak dilaksanakan, maka yang sangat berisiko justru lingkungan yang terancam tertular penyebarannya.

Sekali lagi, seluruh jajaran aparat pemerintahan desa hendaknya saling bahu membahu bersama Bhabinkamtubmas, Babinsa, dan juga Bidan Desa untuk selalu mengedukasi warganya. ”Utamanya, adalah menerapkan protokol kesehatan (prokes), termasuk jangan menciptakan kerumunan,” tandas Sugiyono.