Panjang Dermaga Kolam Tambat Kapal Juwana Hampir Capai 600 Meter Lebih

0
80
Di depan sheetpile inilah akan dimulai pembangunan dermaga untuk tampat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana, Sepanjang 600 meter lebih.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pembangunan lanjutan kolam tambat kapal di kawasan Pulau Seprapat Juwana, rekanan pemenang tender sudah menerima surat perintah kerja (SPK) dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) paket pekerjaan tesebut. Yakni,  Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati.

Untuk tahapan pekerjaan lanjutan ini, papar jajaran rekanan yang bersangkutan, Muhamad AM, adalah pembuatan dermaga yang panjangnya lebih dari 600 meter lebih. Akan tetapi, kepastiannya akan kembali diukur setelah nanti pihaknya melakukan persiapan pelaksanaan pekerjaan di lapangan, sehingga yang sekarang masih bersifat volume total.

Dengan demikian, untuk panjang dermaga jika diukur ulang diperkirakan bisa mencapai 630 meter lebih, sehingga pelaksanaan pekerjaannya  yang tepat jika nanti sudah mulai di lapangan, tapi yang jelas hal itu tidak akan banyak berubah dari perencanaan. ”Karena itu, secepatnya akan melakukan pesiapan untuk mulai melaksanakan pekerjaan di lapangan,” tandasnya.

Apalagi, lanjut dia, rapat pra pelaksanaan pekerjaan atau ”Pre Construction Meeting” (PCM), yaitu rapat untuk menyelesaikan masalah program kerja sudah dilakukan antara pihaknya dan pihak pengguna anggaran. Hal tersebut tak lain agar hal-hal yang masih belum lengkap sudah selesai dibahas, sesuai komitmen menyesuaikan kondisi di lapangan.

Menjawab pertanyaan yang bersangkutan menambahkan, untuk pengadaan material sebagai dasar konstruksi dermaga tersebut tak lain adalah ”spunpile”  yang jumlahnya juga cukup banyak. Sedangkan panjang material pabrikan itu mencapai 22 meter, dan diameter 40 cm.

Karena itu, untuk pemancangan ”spunpile” jaraknya antara yang satu dan lainnya bisa variatif, anara 4 atau 5 meter mengingat lebar dermaga yang direncanakan adalah 4,25 meter. ”Prinsipnya kami dalam pekerja capaian hasilnya, untuk konstruksi tersebut harus benar-benar maksimal, termasuk tugas konsultan pengawas dan pengawas internal dari pihak PPKom,” imbuhnya.