Pagi-pagi Selesai Memakamkan Satu Jenazah; Hari Ini Ada Empat Pemakaman

0
125
Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 di Pati masih terus berlanjut.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tim Pemakaman Jenazah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati 1 (Pati selatan), Kamis (3 Juni) 2021 pagi-pagi sekitar pukul 07.15 sudah selesai memakamkan satu jenazah standar protokol Covid-19. Sebab, hari ini tim harus melaksanakan pemakaman yang semuanya berjumlah empat jenazah.

Karena itu, pihak rumah sakit (RS)  yang benar-benar siap terlebih dahulu melakukan pemulasaraan tim pun siap segera melaksanakan pemakaman. Dengan demikian, dalam kondisi seperti sekarang masalah kesiapan dan kecepatan tim harus maksimal, agar pemakaman tidak tertunda-tunda karena kematian itu bisa terjadi kapan saja.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, papar salah seorang personel anggota tim Pati 1, Purnama, begitu salah satu jenazah seorang laki-laki yang sebelum meninggal sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Fastabiq Sehat Pati, sudah siap maka pagi-pagi harus segera dimakamkan. ”Almarhum adalah warga Desa Plangitan, Kecamatan Pati,” ujarnya.

Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 seperti ini bagi tim sudah seperti menjadi rutinitas.

Sedangkan satu jenazah yang besar kemungkinan siap untuk dimakamkan berikutnya, lanjut dia, adalah seorang peremppuan, warga Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan. Sebelum meninggal, almarhumah sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati, sehingga tim pun siap memberangkatnya ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat.

Untuk berikutnya tim Pati selatan, segera melakukan persiapan berangkat ke lokasi pemakaman di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen. Adapun   jenazah yang harus dimakamkan  di TPU desa tersebut, adalah seorang laki-laki yang sebelum meninggal sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Keluarga Sehat Hospital (KSH) Tayu.

Melihat antara rumah sakit dan tempat tinggal almarhum cukup berjauhan, hal itu mengindikasikan bahwa saat harus menjalani perawatan ruang masih ada di RS tersebut. Untuk pemakaman jenazah ke empat, adalah seorang perempuan, warga Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti oleh tim Pati 2 (Pati utara).

”Sebelum meninggal almarhumah sempat dirawat di RSUP Dokter Kariadi Semarang,” imbuh dia.