Literasi Digital Mendorong Masyarakat Bijak Menggunakan Internet

0
28
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati mendukung kampanye literasi digital yang digagas oleh Presiden Jokowi melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Program literasi digital ini akan ada perimbangan antara pembangunan sektor fisik juga percepatan pembangunan di sektor digital.

Kepala Diskominfo, Indriyanto mengatakan literasi digital dengan mengusung tema “Indonesia makin cakap digital” ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait penggunaan internet secara positif.

“Progam literasi digital oleh Kominfo menjadi ruang belajar penggunaan internet secara positif, produktif dan mengerti apa yang bisa dikembangkan diinovasi,” katanya kepada Samin News, Senin (7/6/2021).

Dengan memahami penggunaan internet positif, maka diharapkan mampu mengelola emosional pengguna dalam mengaplikasikan Internet.

Progam yang dikerjakan masif ini secara masal akan berdampak kepada masyarakat luas. Bahkan, sejak munculnya pandemi Covid-19 yang melanda telah mempengaruhi kehidupan manusia di beberapa lini. Dan akibatnya sistem yang berjalan kemudian berubah baik interaksi, komunikasi, aktivitas pindah ke ruang digital.

Menurutnya, program literasi digital nasional akan mendukung inovasi kinerja pemerintah daerah dalam pengembangan pemerintahan berbasis elektronik. Pasalnya di era milenial apa pun dituntut bekerja secara efektif dan mudah.

“Kemudian, masyarakat akan memahami pentingnya mengelola internet secara produktif untuk mendukung program-program pemerintah,” jelas Indriyanto.

Pandemi Covid-19 juga menuntut aktivitas fisik berubah dunia maya. Misalnya pada sektor pendidikan dimana semula KBM tatap muka di dalam kelas, namun berganti dengan daring jarak jauh.

Di sisi lain, dalam dunia usaha akan mempunyai dampak positif. Pada awal munculnya pandemi,  berimbas pada segi perekonomian. Dan pelaku umkm kemudian dituntut berinovasi dengan sistem penjualan online.