Kurang Sehari Kuota di SMA Negeri 3 Pati Penuh

0
48
SMAN 3 PATI
dok. istimewa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jadwal Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Tengah untuk jenjang SMA dan SMK sudah dibuka mulai tanggal 21 Juni sampai dengan 24 Juni atau Kamis besok. Namun jadwal PPDB yang masih menyisakan satu hari lagi ini, SMA Negeri 3 Pati telah memenuhi kuota calon siswa baru.

Mujiannie guru BK SMA Negeri 3 Pati, mengatakan PPDB berjalan lancar. Akan tetapi, kuota untuk calon siswa baru di sekolahnya itu sudah penuh. Calon siswa baru pindah tujuan sekolah.

“Alhamdulillah lancar, sudah memenuhi kuota dan sudah banyak (calon siswa, red) yang tergeser juga,” ucap Mujiannie kepada Samin News, Rabu (23/6/2021).

Mujiannie menegaskan siswa tergeser karena melebihi kuota, sehingga harus mencari sekolah lainnya. Pendaftaran setiap hari sampai pukul 23.59 sehingga bergerak terus dan tidak bisa menjawab ada berapa jumlahnya.

Lantaran kuota di SMA Negeri 3 Pati penuh, maka calon siswa pindah sekolah lain dengan ketentuan yang berlaku, misalnya masih dalam zonasi.

Selain kuota calon siswa penuh, kata Mujiannie ada beberapa persoalan yang didapati dari evaluasi penyelenggaraan PPDB. Menurutnya cukup banyak siswa yang belum melakukan verifikasi berkas pendaftaran juga pengajuan/aktifasi token (akun).

Padahal, merujuk jadwal PPDB di Jateng proses verifikasi berkas dan token dijadwalkan tanggal 14 s/d 19 Juni. Terkait dengan persoalan ini, pihaknya menyebut siswa kurang memperoleh informasi dari sekolah yang sebelumnya.

“Kalau evaluasinya banyak siswa yang belum melakukan verifikasi berkas dan penerimaan token yang dijadwalkan 14-19 Juni 2021. Ada yang tidak mendapatkan bekal dari guru SMP, sehingga tidak tahu,” terangnya.

Oleh sebab itu, bagi siswa yang belum melengkapi kelengkapan ini, diberi kelonggaran perpanjangan waktu sampai Rabu (23/6) hari ini untuk proses verifikasi akun.

Untuk diketahui daya tampung program MIPA 324 siswa, program IPS 108 siswa dan Kelas Khusus Olahraga (KKO) sebanyak 36 siswa.