Jakenan-Jaken Tuntas Dilengkapi Marka

0
66
Pembuatan marka akses ruas jalan Jakenan-Jaken dan (1foto) Pembuatan zebra cross di lokasi lampu pengatur lalu lintas perempatan Sleko.(Foto:SN/dok-sam)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tidak menghabiskan hari kalender sampai akhir Juni, ternyata rekanan pemenang tender peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken PT Larisa Jaya Konstruksi Pati, berhasil menuntaskan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk pekerjaan keseluruhan, termasuk di antaranya adalah pembuatan marka jalan sepanjang 3.800 meter.

Selebihnya ada pula pembuatan zebra cross di tiga titik, masing-masing di  lampu pengatur lalu lintas perempatan Sleko, depan Puskesmas Jakenan, dan depan salah sebuah SD di segmen 2. Yaitu setelah pertigaan jalan ke Desa Plosojenar, Kecamatan Jakenan hingga depan Balai Desa Tegalarum, Kecamatan Jaken.

Seorang pengawas lapangan untuk paket pekerjaan tersebut dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Samijan ST, membenarkan hal itu. ”Dengan selesainya pelaksanaan pekerjaan sebelum kontrak hari kalender habis akhir Juni mendatang, benar-benar bisa memanfaatkan waktu bekerja secara maksimal,” ujarnya.

Pembuatan marka akses ruas jalan Jakenan-Jaken dan (1foto) Pembuatan zebra cross di lokasi lampu pengatur lalu lintas perempatan Sleko.(Foto:SN/dok-sam)

Dengan demikian, lanjut dia, pihaknya dalam melakukan pengawasan juga lebih maksimal karena tidak terbentur batas akhir hari kalender. Sehingga jika ada hal-hal yang masih harus dimaksimalkan, waktunya juga masih sangat longgar karena pelaksanaan seluruh pekerjaan baik di segmen I maupun II semuanya sudah tuntas.

Secara rinci dia juga menyebutkan, bahwa untuk peningkat ruas jalan Jakenan-Jaken ini adalah menggunakan biaya yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021  dengan pagu mencapai Rp 7,8 miliar. Akan tetapi saat lelang harga tersebut jatuh pada Rp 5,5 sehingga masih bisa dilakukan pemaksimalan untuk ruas jalan yang sama.

Adapun panjang segmen I adalah 900 meter, lebar 6 meter, segmen II panjang 2.500 meter dan lebar 6 meter serta panjang 400 mete dan lebar 4,5 meter atau tanpa pelebaran, dan yang lainnya hanya paching/lavelling sampai depan SMP I Jaken. Selai  itu, ada pekerjaan bahu jalan segmen I 400 meter kanan/kiri dan segmen II 1.200 mete dikerjakan spot-spot.

”Total panjang bahu jalan seluruhnya adalah 1.600 meter, ditambah pekerjaan marka sepanjang 3.800 meter dan zebra cross tuga titik,” imbuhnya.