Diskominfo Nobar Film “The Social Dilemma”

0
16
Saat berlangsungnya acara nobar film The Social Dilemma oleh Duskominfo Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengajak para karyawan instansinya meningkatkan kemampuan literasi digital. Tujuannya adalah untuk menyikapi menggunakan media sosial (Medsos) secara bijak.

Kepala Diskominfo Pati, Indriyanto mengatakan  pentingnya menggunakan medsos secara wajar. Pasalnya, jika menggunakan medsos secara luar biasa maka akan membuat penggunanya kecanduan tak bisa lepas dari medsos. Oleh karena itu, ia mengajak nonton bareng (Nobar) film dokumenter.

“Tentang bagaimana cara bijak menggunakan medsos dengan (nobar) menonton film  The Social Dilemma,” kata Indriyanto kepada Samin News.

Nobar film The Social Dilemma ini dilaksanakan 18 Mei 2021 di ruang Literasi Diskominfo dengan dua tahapan. Hal itu dimaksudkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Film The Social Dilemma ini menunjukkan bagaimana media sosial melakukan hal-hal yang berkaitan dengan interaksi antara penggunanya. Baik melihat sisi positif pun demikian ada aspek negatif.

Kontribusi media sosial pada isu-isu kontemporer di tengah masyarakat dunia ternyata juga sangat besar. Misalnya penyebaran berita bohong (hoax), kecanduan medsos hingga polarisasi politik.

Namun di sisi lain, efek positifnya adalah bagaimana penyebaran arus informasi sangat cepat tersebar mudah diakses. Dan individu bisa terhubung dengan siapa saja di belahan bumi mana pun.

Film ini juga menjelaskan bahwa teknologi internet dalam hal ini adalah media sosial telah mengawasi aktivitas penggunanya dan sampai jauh akan mendorong individu lebih dan lebih menggunakannya tanpa disadari.