Dinsos Pati Usulkan Ratusan KPM dari Data Perbaikan DTKS

0
88
Tri Haryumi
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tri Haryumi

SAMIN-NEWS.com PATI – Perkembangan terkait perbaikan data terpadu kesehatan sosial (DTKS) sebagai data dasar penyaluran bantuan sosial terus dibenahi. Pembenahan itu sebagai upaya penyaluran bantuan  sosial oleh pemerintah tepat sasaran.

Perbaikan data tersebut juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak dan Keluarga Berancana (Dinsosp3akb). Setidaknya Dinsos Pati memperbaiki ratusan ribu data Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tri Haryumi menegaskan Dinsos mengusulkan data KPM bulan Mei 2021. Perbaikan ini disebabkan ada beberapa faktor.

“Mei 2021 kita sudah kirim dari 21 kecamatan (jumlahnya) 109.233 keluarga penerima manfaat (KPM),” kata Haryumi di ruangannya, Rabu (16/6/2021).

Perbaikan DTKS tersebut, ia merinci perubahan dari meninggal dunia sebanyak 408 orang, pindah tempat tinggal/alamat sejumlah 2.972 orang. Sedangkan anggota baru yaitu 910 KPM, kesalahan prelist 2.949 orang.

Kemudian, di samping itu ia melanjutkan perbaikan DTKS lantaran data tidak ditemukan, baik nama alamat yang bersangkutan itu terdapat 1.345 orang. “Terkait tidak ditemukan data ini misalnya nama A tidak ada, kemudian usulan baru 16.457 orang,” jelasnya.

Haryumi mengatakan perbaikan data ini untuk perbaikan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) baik untuk data dasar penyaluran bansos BPNT maupun PKH.

“Data ini kita kirim ke Pusdatin, tetapi sampai sekarang belum turun (bantuan, red) kita kirim 25 Mei. Kami berharap karena 6 (enam) bulan sekali, makanya bulan Juli mestinya sudah turu,” pungkas Haryumi.