Tasyakuran Sedekah Laut Ajak Tetap Waspada Penyebaran Covid-19

0
37
Ketua Patinia H Sugito, Tamu undangan, dan pelaksanaan larung sesaji dalam tasyakuran Sedekah Laut TPI Bajomulyo Juwana, Kamis (20/Mei) tadi pagi.(Foto:SN/dok-end)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sesuai rencana dalam menyelenggarakan tasyakuran Sedekah Laut, TPI Unit I dan II Bajomulyo Juwana, Kamis (20/Mei) tadi pagi. Yakni, sengaja tidak mengundang banyak orang untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

Dengan demikian, pihak yang diundang pun memang sangat terbatas, di antaranya sejumlah personel dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati. Selebihnya adalah jajaran personel TPI Unit I dan II Juwana, serta pihak Muspika kecamatan setempat.

Sedangkan acara tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu di lantai lelang TPI Unit II Juwana, di mana Kepala Desa (Kades) Bajomulyo, Kecamatan Juwana, H Sugito sebagai ketua. Mengingat acaranya adalah tasyakuran dalam Sedekah Laut, maka esensinya agar para nelayan benar-benar pandai bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Ketua Patinia H Sugito, Tamu undangan, dan pelaksanaan larung sesaji dalam tasyakuran Sedekah Laut TPI Bajomulyo Juwana, Kamis (20/Mei) tadi pagi.(Foto:SN/dok-end)

Berkait hal tersebut, papar Ketua Panitia Sedekah Laut TPI Bajomulyo, Juwana, H Sugoto, semua pihak yang sehari-hari mencari sumber penghidupan di lingkungan TPI ini hendaknya juga tetap bersyukur. Tidak hanya itu, dengan sedekah laut pihaknya juga mengajak untuk meningkatkan keimanan.

Selain itu juga ketaqwaan dan syukur yang sebesar-besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nya, maka sampai sekarang bisa mendapat rezeki di TPI. Demikian pula untuk para nelayan atau pemilik kapal juga mendapatkan penghasilan dari hasil menangkap ikan di lautan yang luas.

Mengingat hal tersebut, maka untuk kepedulian terhadap sesama juga jangan sampai diabaikan, dan tak kalah pentingnya juga kepedulian terhadap lingkungan. ”Sedangkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 hendaknya tetap ditingkatkan dan jangan sampai lengah,” tandasnya.