Tanpa Saluran Pembuang Maksimal Ruas Jalan Ini Terancam Endapan Lumpur

0
243
Akses ruas jalan antara Desa Badegan dan Sukoharjo, Kecamatan Margorejo yang baru selesai ditingkatkan dengan pelapisan aspal.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kerusakan yang terjadi di ruas jalan antara Desa Badegan dan Sukoharjo, Kecamatan Margorejo sering diperbaiki. Sebab, akses ruas jalan tersebut menjadi pilihan warga, termasuk dari wilayah Kecamatan Gembong yang hendak menuju ke jalan raya Pati-Kudus atau hendak ke Margorejo.

Akan tetapi, kerusakan yang sering terjadi setiap kali selesai diperbaiki faktor utama penyebabnya, karena ruas jalan itu bila selesai turun hujan di beberapa lokasi sering tertutup endapan lumpur. Sedikitnya, ada tiga lokasi terparah yang sering mengalami hal itu.

Masing-masing satu lokasi berdekatan dengan rumah salah seorang warga di Desa Badegan, berikutnya ke utara mulai lokasi terpasangnya papan proyek dan pada lokasi menurun mendekati masuk Dukuh Cacah, Desa Sukoharjo. Sebab, ruas jalan itu bila turun hujan air yang seharusnya mengalir terbuang justru mengalir di atas badan jalan.

Kondisi ruas jalan antara Desa Badegan dan Sukoharjo, Kecamatan Margorejo yang tidak mempunyai saluran pembuang maksimal.

Kepala Seksie (Kasie) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati. Hasto Utomo, ketika ditanya berkait hal tersebut membenarkan. Karena itu, dalam pelaksanaan peningkatan ruas jalan itu ada beberapa lokasi yang ditinggikan, di antaranya adalah pada bagian menurun sebelum masuk ke Dukuh Jagan, Desa Sukoharjo.

Karena itu, pihaknya minta kepada rekanan yang melaksanakan paket pekerjaan tersebut agar membuat saluran biasa di sisi kiri maupun kanan akses jalan. Tujuannya tak lain, saat turun hujan deras paling tidak bisa membuang air yang membawa lumpur dari lahan tegalan di sekitarnya.

Dengan demikian, mengalirnya aiur hujan tudak sampai di atas badan jalan yang akhirnya menyisakan endapan lumpur. ”Jika sisi kiri dan kanan ruas jalan itu belum dikeruk untuk difungsikan sebagai saluran, coba nanti kami cek ke lokasi,” ujarnya.