Segmen 1 Jakenan-Jaken Hari Ini Selesai Pelapisan AC-WC

0
52
Pelapisan aspal untuk lapisan aus akses ruas jalan segmen 1 Jakenan-Jaken, Selasa (18/Mei) hari ini tuntas.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Apa yang menjadi pertanyaan warga di mana tiap hari melintas di ruas jalan Jakenan-Jaken, mengira pelaksanaan pekerjaan tersebut oleh rekanan pemenang tender paket pekerjaan itu sudah tuntas. Padahal, sebenarnya masih ada satu tahapan akhir/finishing, yaitu pelapisan ”Asphalt Concret Wearing Course (AC-WC).

Lapisan tersebut juga dikenal sebagai lapisan aus, atau bagian permukaan jalan yang menjadi tumpuan bergeraknya roda kendaraan. Sehingga jika pelapisan AC-WC ini sudah dikerjakan,  aka tuntaslah pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken segmen 1.

Hal tersebut dibenarkan pengawas lapangan dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Sawijan ST, di mana yang bersangkutan bahwa untuk pelaksanaan pekerjaan tahap akhir sepanjang 935 meter, hari ini tuntas. ”Sebab, pekerjaan tersebut sudah dimulai Senin (17 Mei) 2021,” ujarnya.

Dengan selesainya seluruh pekerjaan di segmen 1 lanjut dia, rekanan mulai Rabu (19 Mei) besok juga harus mulai melaksanakan pekerjaan yang sama, di segmen 2. Untuk segmen ini penjangnya mencapai 2.890 meter dengan lebar 6 meter, sehingga bila tidak terjadi kendala di lapangan paling tidak antara empat sampai lima hari selesai.

Selain itu, juga tidak terjadi turun hujan  saat pelaksanaan pekerjaan tersebut berlangsung sehingga hasil yang dicapai akan lebih maksimal. Selesai itu, rekanan juga akan melanjutkan pekerjaan maksimalisasi mulai dari batas akhir segmen 2 ke timur.

Akan tetapi, konsentratsi rekanan akan dilakukan pada pelaksanaan pekerjaan yang sama, yaitu peningkatan ruas jalan tapi di lokasi yang berbeda. ”Sebab, rekanan PT Larisa Jaya Konstruksi Pati ini juga harus menyelesaikan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Winong-Pucakwangi,” imbuhnya.