Kemenag Pati Siapkan Skenario Pemberangkatan Ibadah Haji

0
21

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati sampai kini belum bisa memastikan pemberangkatan ibadah haji tahun 2021. Namun demikian, Kemenag menyiapkan mekanisme pemberangkatan ibadah haji jika pemerintah Arab Saudi membuka salah satu rukun islam itu.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Abdul Hamid menyatakan Kemenag menyiapkan skenario pemberangkatan jamaah jika sewaktu-waktu dibuka. Pasalnya hal ini berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19.

“kami terus mempersiapkan berbagai skenario serta mitigasinya, termasuk alur pergerakan jamaah, jika ada pemberangkatan. Penyelenggaraan haji di masa pandemi memerlukan beberapa penyesuaian,” ucapnya.

Persiapan skenario itu juga telah disampaikan pada saat acara Jagong Ramadhan Kemenag Pati dengan tema Up date informasi penyelenggaraan haji 1442H, yang digelar secara virtual via Zoom Meeting, Kamis (6/5/2021).

Menurutnya ada beberapa skenario jika jamaah diberangkatkan, mulai dari vaksinasi dan menjalani dua kali vaksin. Pihaknya menyebut Kementerian Kesehatan menetapkan jamaah haji sebagai kelompok yang rentan terpapar.

Kemudian, kata dia peserta atau jamaah menjalani karantina beserta swab antigen selama tiga hari saat tiba di Asrama Haji. Di lanjutkan dengan tes pcr swab. Hasil ini akan menentukan apakah jamaah boleh berangkat bagi yang negatif, atau positif maka diwajibkan karantina kembali.

Selanjutnya sebelum pulang dari sana juga dilakukan tes swab pcr. Langkah ini menurutnya merupakan upaya pengendalian wabah pandemi agar tidak meningkat. Terlebih pergerakan jamaah dari lintas negara.

“selama proses penyelenggaraan haji, jamaah dan petugas wajib menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta membatasi interaksi dan mobilitas,” tambah dia.