Rekanan Kooperatif Untuk Menambah Beton Pada Struktur Tanah yang Lembek

0
55
Penambahan material beton untuk struktur tanah yang lembek di segmen II ruas jalan Jakenan-Jaken. (Foto:SN/dok-sam)

SAMIN-NEWS.com, PATI  – Pihak pengawas lapangan untuk paket peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, minta kepada pihak rekanan. Yakni, menambah material beton pada bagian pemadatan untuk pelebaran, khususnya di segmen II.

Sebab, pada sisi kanan (selatan) ruas jalan segmen itu ternyata kondisi struktur tanahnya lembek, sehingga untuk pemadatan urukan beskosnya tidak bisa maksimal. Apalagi, ketika dilakukan pemdatan menggunakan beban kendaraan di atas 25 ton ternyata baik pada dasar lubang pelebar dan sisi samping melesak ikut terangkat.

Karena itu, papar pengawas lapangan yang bersangkutan, pihaknya menyarankan agar rekanan mengganti beskos dengan ketebalan 20 cm dengan material beton. ”Baru kemudian di atasnya ditutup meterial beskos, dan selesai itu di atasnya ditutup aspal AC-Base,” ujarnya.

Pelapisan aspal dengan AC-Base pada bagian permukaan atas untuk ruas pelebaran di segmen II Jakenan-Jaken.(Foto:SN/dok-sam)

Berkait pelaksanaan pekerjaan itu, lanjut dia, ternyata rekanan dari PT Larisa Jaya Konstruksi kooperatif, untuk memenuhi perubahan sebagian material untuk urukan lubang pelebaran. Semula, untuk pelebaran itu adalah menggunakan urukan beskos panjang 2.890 meter dan lebar 75 cm, baik sisi kiri maupun kanan.

Untuk kedalaman lubang mencapai 50 cm, tapi setelah pemadatan beskos dilaksanakan justru struktur tanahnya ada yang melesak. Atas dasar kondisi tersebut, maka spot per spot diperkuat dengan meterial beton yang panjang seluruhnya mencapai 860 meter.

Dengan demikian, untuk posisi tepi kanan (selatan) penggunaan material tesebut tak bisa dihindari, yaitu ketebalan beton adalah 20 cm dan mutu beton fc  20. ”Sedangkan sisi kiri (utara) dari arah Jakenan sudah diperkuat dengan pelapisan aspal, yaitu AC-Base,” imbuhnya.