Firman Subagyo Gandeng KKP Safari Gemarikan di Pati

0
44
Suasana Safari Gemar Makan Ikan (Gemarikan ) oleh anggota Komisi IV DPR RI, Firman Subagyo yang menggandeng Kementerian Kelautan Perikan (KKP) RI, di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Selasa (4 Mei 0) 2021 kemarin.(Foto:SN/dok-ed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di tengah situasi Puasa Ramadhan, Selasa (4 Mei) 2021 berlangsung Safari Gemarikan, di aula Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati. Sebagai motor penggeraknya tak lain, anggota Komisi IV DPR RI yang menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Hadir dalam kesempatan tersebut, selain Wakil Bupati Pati Saiful Arifin juga anggota personel dari Komisi D DPRD setempat, Hj Endah Sri Wahyuningati. Sebelum acara formal tersebut dimulai diisi Kepala Seksi (Kasie) Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 500 paket Gemarikan dibagikan kepada masyarakat di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, dan Desa/Kecamatan Sukolilo. ”Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati (Wabup) Pak Saiful Arifin menyempatkan menyerahkan paket Gemarikan tersebut secara simbolis,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Edy Martanto.

Suasana Safari Gemar Makan Ikan (Gemarikan ) oleh anggota Komisi IV DPR RI, Firman Subagyo yang menggandeng Kementerian Kelautan Perikan (KKP) RI, di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Selasa (4 Mei 0) 2021 kemarin.(Foto:SN/dok-ed)

Didampingi Wakil Bupati yang bersangkutan, lanjutnya, Firman Subagyo dan Direktur Usaha dan Investasi KKP, Catur Sarwanto mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, yaitu meningkatkan konsumsi ikan secara nasional, khususnya di Kabupaten Pati. Hal tersebut sebagai upaya untuk membantu penanganan stunting.

Karena itu, Wakil Bupati Saiful Arifin, menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut, dan menekankan bahwa potensi perikanan di Pati itu sangat besar. ”Dengan demikian, pihaknya berharap dapat terus ditingkatkan, untuk kemakmuran masyarakat Pati, khususnya pelaku usaha perikanan,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid UPK DKP Provinsi Jawa Tengah, Iman Kadurusman juga mendukung kegiatan tersebut, dan berharap kegiatan-kegiatan serupa sering dilaksanakan di Jawa Tengah. Sedangkan Catur Sarwanto menekankan pentingnya konsumsi ikan dan manfaatnya bagi kesehatan, terutama dalam mencegah stunting.

Karena itu, KKP dan Komisi IV DPR RI bekerjasama untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha perikanan, dan meningkatkan gizi masyarakat. Sedangkan Firman Subagyo dalam sambutannya antara lain menegaskan, bahwa produk perikanan yang dibagikan kepada masyarakat berasal dari produk lokal.

”Hal tersebut sekaligus untuk membantu meningkatkan jaringan pemasaran pelaku usaha perikanan di Kabupaten Pati dan sekitarnya,” imbuh dia.