Camat Trangkil Minta Kades Baru Dilantik Segera Susun Program Kerja

0
25
Camat Trangkil, Wahyu Wuryanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Camat Trangkil, Wahyu Wuryanto meminta Kepala Desa (Kades) yang baru dilantik beberapa hari lalu untuk segera menyiapkan dan menyusun program kerja selama masa kepemimpinan. Program kerja prioritas pembangunan desanya masing-masing.

Untuk membentuk dan mewujudkan program kerjanya itu, pihaknya menuturkan dimungkinkan kades bisa meminta bantuan terhadap Sekdes. Sebab, telah mempunyai pengalaman dalam ikut andil menyusun program maupun menjalankan tata administrasi.

“Silahkan disusun dengan baik dengan Sekdes yang sudah punya pengalaman dalam menyusun berbagai program dan administrasi dari kepemimpinan sebelumnya,” kata Wahyu saat Serah Terima Jabatan beberapa hari ini.

Meski bagi kades baru masih awam serta perlu banyak pengalaman, namun sebelum dilantik oleh Bupati Pati Haryanto para kades telah memperoleh materi tentang desa.

Wahyu mengungkapkan para Kades mendapat Bimtek terkait dengan materi pembinaan, pembangunan desa maupun penjelasan tugas dari seorang kades. Juga dijelaskan kelembagaan pemerintah desa.

Terkait dengan tata kelola pemerintah desa, ia menyebut sudah diatur dalam perundang-undangan dengan turunannya. Yaitu Perda Nomor 11 Tahun 2014 tentang Kepala Desa sebagaimana diubah Perda Nomor 9 Tahun 2018.

“Kami harap kades baru juga berkoordinasi dengan kades lama karena lebih pengalaman. Baik itu untuk mensinkronkan program kerja. Jika itu baik bisa diteruskan oleh kades baru,” terangnya.

“Kami berpesan agar tidak ada lagi pengkotak-kotakan lagi di tengah masyarakat dari proses Pilkades kemarin. Monggo profesional melayani semua elemen masyarakat,” pungkas Wahyu.