Bahu Jalan Segmen I Jakenan-Jaken Dicor Beton

0
37
Pengerukan sisi selatan bahu jalan paket pekerjaan segmen I Jakenan-Jaken yang akan dicor beton.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tinggal dua tahapan pekerjaan untuk peningkatan ruas jalan segmen I, Jakenan-Jakenen tuntas. Yakni,  lapisan aus atau Asphalt Concret  Wearing Course (AC-WS) dan pemaksimalan bahu jalan sisi kiri dan kanan sepanjang 935 meter.

Khusus yang disebut terakhir, kini sudah mulai dikerjakan dengan mengeruk permukaan bahu jalan kedalaman 12 cm, dan lebar 50 cm. Hal itu untuk pengecoran beton bahu jalan, baik di sisi kiri dan kanan dengan ketebalan 12 cm serta lebar 50 cm, dan panjang 935 meter.

Pengawas lapangan paket pekerjaan oleh rekanan PT Larisa Jaya Konstruksi dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten, Samijan ST, membenarkan hal tersebut.  ”Dengan demikian, untuk ruas jalan segemen I mulai dari perempatan Sleko hingga Kantor Kecamatan Jakenan benar-benar maksimal,” ujarnya.

Sebab, lanjut dia, untuk, untuk lebar badan jalan sekarang sudah menjadi enam meter menyusul penambahan lebar di sisi kiri dan kanan, masing-masing 75 cm. Demikian pula, untuk bahu jalan pun diperkuat dengan cor beton sehingga tidak mudah rusak jika ada kendaraan parkir dengan salah satu sisi rodanya mengambil tempat di badan jalan.

Adapun satu lagi yang perlu dipahami oleh para pengguna jalan, bahwa bahu jalan yang dilakukan pengecoran beton tersebut bukanlah jalur lambat, untuk pengendara motor. Masalahnya selama ini terjadi salah pemahaman, utamanya para sopir truk di ruas jalan nasional, seperti di jalur Pati-Juwana.

Pada bahu jalan di lokasi tersebut memang diperkuat dengan lapisan aspal, sehingga oleh para sopir truk menganggap itu jalur lambat khusus pengendara motor, sehingga bila ada motor yang berada di badan jalan klakson memekakkan telinga berbunyi. ”Terlepas dari hal tersebut, untuk segmen I Jakenan-Jaken, sepanjang 935 meter tinggal memperkuat dengan AC-WC,” imbuh Samijan.