SMP Negeri 4 Pati Siap Sambut PPDB Calon Siswa Baru

0
48
Kepala SMP Negeri 4 Pati, Mulyono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Pati kini bersiap-siap menyambut masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) sebelumnya telah mensosialisasikan PPDB untuk jenjang PAUD hingga SMP.

Pemerintah menetapkan peraturan mekanisme PPDB mulai jadwal, alur pendaftaran juga syarat yang disiapkan.

Berkaitan dengan itu, SMP Negeri 4 Pati sudah siap menyambut pelaksanaan pendaftaran bagi calon siswa didik baru tahun ajaran baru 2021-2022. Adapun jadwal PPDB Jenjang SMP akan dibuka pada 3 sampai dengan 5 Mei.

“(aturannya) pendaftaran melalui jalur zonasi mencapai 60 persen, jalur prestasi maksimal 20 persen, jalur afirmasi 15 persen serta jalur mutasi sebanyak 5 persen,” ujar Kepala SMP Negeri 4 Pati, Mulyono, Jumat (30/4/2021).

Adapun jalur zonasi bagi SMP Negeri 4 Pati itu meliputi wilayah Kecamatan Pati. Selain itu, ia melanjutkan ditambah dengan 4 (empat) desa di Kecamatan Margorejo. Di antaranya adalah Desa Sukoharjo, Metaraman, Ngawen dan Muktiharjo.

Bagi di wilayah tersebut calon siswa baru bisa mendaftarkan diri melalui jalur zonasi. Di sisi lain jika tidak menggunakan jalur tersebut, maka masih bisa menggunakan jalur lain seperti jalur prestasi maupun perpindahan orang tua.

“Pendaftaran dilakukan secara online, tapi yang namanya masyarakat banyak melalui sistem online juga ada yang kesulitan, maka bisa langsung melalui panitia. Nanti panitia yang mengurus daftar online,” terangnya.

“Sistem online ada yang menilai ribet dan ada juga yang terkendala jaringan, sehingga ada sebagian yang menganggap yang penting syaratnya sudah terpenuhi,” papar Mulyono.

Sebagai informasi bagi calon siswa didik baru untuk mengakses situs PPDB online di pati.siap-ppdb.com. Di website itu nantinya ada penjelasan bagaimana alur pendaftaran siswa berikut dengan sekolah yang dituju.