Segmen I Ruas Jakenan-Jaken Selesai Diperkuat dengan AC-BC

0
74
Ruas jalan Jakenan-Jaken untuk segmen I yang sudah diperkuat bagian lapis permukaannya berupa aspal AC-BC.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rekanan pemenang tender paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken, untuk segmen I selesai diperkuat dengan lapisan permukaan antara. Yakni, ”Asphalt Concret-Binder Course (AC-BC) dengan panjang seluruhnya 935 meter mulai dari perempatan Sleko hingga depan Kantor Kecamatan Jakenan.

Uji kualitas dan ketebalan lapisan tersebut juga sudah dilakukan, dan hasilnya cukup memenuhi syarat sehingga tahapan pekerjaan berikutnya juga sudah dilakukan. Sedangkan lapis AC-BC, adalah pembanding kemiringan badan jalan, sehingga tahapan pekerjaan berikutnya akan dilanjutkan dengan lapis pondasi bawah (AC-BASE).

Khusus yang disebut terakhir, papar salah seorang pengawas teknis di lapangan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Samijan, yaitu untuk perkuatan bagian pelebaran jalan di sisi kiri dan kanan. ”Masing-masing dengan lebar 75 cm, sehingga lebar badan jalan akan menjadi 6 meter,” ujarnya.

Akses ruas jalan Jakenan-Jaken yang ditingkatkan untuk segmen II kini juga mulai dilaksanakan levelling.

Sedangkan untuk segmen I akan berakhir, lanjutnya adalah setelah diperkuat dengan ”Asphalt Concret Wearing Course” (AC-WC) atau yang lazim disebut juga sebagai lapisan aus. Pelapisan itu merupakan tahapan akhir pelaksanaan pekerjaan segmen I, sehingga untuk menunggu pelaksanaan pekerjaan tersebut kini rekanan yag bersangkutan, dari PT Larisa Jaya Konstruksi, mulai melaksnakan pekerjaan segmen II.

Hal tersebut diawali dari pertigaan masuk ke Desa Plosojenar, Kecamatan Jakenan yang merupakan perbatasan dengan wilayah Kecamatan Jaken. Untuk panjang ruas jalan segmen ini, adalah 2.890 meter sampai batas sekitar Balingtan, di Desa Sidomukti dan juga Desa Lundo, Kecamatan Jaken dengan lebar 6 meter.

Dengan demikian, untuk segmen II ini juga dilakukan dengan pelebaran, masing-masing sisi kiri dan kanan 75 cm. Kendati paket pekerjaan ini baru dimulai, tapi pihaknya akan mengusulkan kepada rekanan agar melakukan pengurukan pada ruas jalan yang berlubang mulai sebelah timur Balingtan, masuk Desa Tegalarum di wilayah kecamatan setempat.

Faktornya, di ruas jalan tersebut banyak berlubang karena memang mengalami kerusakan sehingga harus ditutup dengan material beskos, mengingat akan menghadapi Hari Raya. ”Sedangkan ruas jalan tersebut adalah bagian dari pemaksimalan, sebesar 10 pesen dari nilai kontrak, tapi tanpa pelebaran,” imbuhnya.