Segmen I Jakenan-Jaken Tinggal Satu Tahapan Pekerjaan

0
60
Masih satu tahapan akhir pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan segmen 1 Jakenan-Jaken.

SAMIN NEWS.com, PATI – Sampai hari ini, Sabtu (24/4) atau mendekati 60 hari kalender pelaksanaan pekerjaan peningkatan ruas jalan segemen I Jakenan-Jaken, tinggal satu tahapan akhir. Yakni, pelapisan ”Asphalt Concret Wearing  Course”  (AC-WC) sepanjang 935 meter.

Untuk pelaksanaan pelapisan aspal itu juga disebut lapisan aus, menyusul setelah selesainya pelapisan AC-BS. Untu pekerjaan tahap akhir di segmen ini, tent menunggu sampai daya rekatnya AC-BS benar-benar maksimal, sehingga saat ditutup dengan lapisan terakhir atau lapisan aus menghasilkan kemampuan menahan tekanan yang benar-benar maksimal.

Salah seorang pengawas lapangan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pat, Samijan ST, ketika ditanya berkait hal tersebut membenaran, bahwa untuk tahapan pekerjaan akhir di segmen ini akan mencermainkan kualias kemampuan pekerjaan rekanan yang bersangkutan. ”Karena itu kami selaku pengawas tetap menekankan hasil pekerjaan yang benar-benar berkualitas,”ujarnya.

Pelaksanaan pekerjaan pelapisan aspal beton untu konstruksi ruas jalan Jakenan-Jaken segmen II.

Sambil menunggu penyelesaan pekerjaan tahap akhir segmen I, lanjut dia, pihaknya sementara watu juga sudah mulai melaksankan pekerjaan di segmen II. Panjang segmen tersebut mencapai 2.890 meter, dimulai dai pertigaan jalan masuk ke Desa Plosojenar, Kecamatan Jakenan ke timur hingga batas akhir Balingtan di Desa Sidomukti, Kecamatan Jaken.

Untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut adalah pelapisan CAP, yaitu berupa aspal beton yang memang untuk konstruksi jalan, dan diperoleh dengan mencampur agregat pasir, abu batu dan aspal sebagai pengikatnya. Dengan bahan material tersebut untuk syarat konstruksi jalan, jelas semua terpenuhi sehingga tahap akhi nanti, hasilnya juga benar-benar maksimal.

Apalagi, untuk segmen ini juga lebih panjang sehingga tahapan-tahapan untuk pelaksanaan pekerjaan harus tetap lebih ditingkatkan. ”Sekali lagi, dari sisi progres pekerjaan yang menyangkut kualitas tercapai, dan dari hari kalender jadwalnya juga tidak akan mengalami keterlambatan,”imbuhnya.