Pendaftaran BLT UMKM di Pati Resmi Dibuka Hari Ini

0
44

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Pati membuka kembali pendaftaran bantuan bagi pelaku usaha UMKM. Pendaftaran dilakukan tidak perlu datang ke kantor dinas, melainkan cukup dengan online dari mana pun bisa.

Kepala Dinkopumkm melalui Kepala Bidang (Kabid) UMKM Kristiyanto menjelaskan pendaftaran bantuan presiden (Banpres) untuk produktif usaha mikro kecil dan menengah.

“Pendaftaran Banpres UMKM tahun 2021 dimulai tanggal 12 hingga 22 April pukul 14.15 WIB,” ungkapnya, Senin (12/4/2021).

Artinya, pemerintah membuka peluang bagi pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Pati untuk mengembangkan produknya. Hal itu dengan bantuan permodalan produktif senilai 1,2 juta pada tahun 2021 ini. Berbeda dengan tahun 2020 sebelumnya sebesar 2,4 juta rupiah.

Persyaratan pendaftar pelaku UMKM yakni sebagai warga negara Indonesia. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK) juga memiliki usaha mikro.

“Usaha mikro dibuktikan dengan nomor induk berusaha (NIB), izin usaha mikro kecil (IUMK), bukan aparatur sipil negara (ASN) juga tidak memiliki tanggungan akses KUR,” terangnya.

Bagi pelaku UMKM dengan momentum ini merupakan peluang yang cukup strategis. Pasalnya, di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), pendapatan juga penghasilan tidak menentu. Ditambah dengan perputaran perekonomian cukup terdampak.

Oleh sebab itu, dengan permodalan produktif tersebut mereka pelaku UMKM mampu bertahan dari efek pandemi. Di samping itu diharapkan mampu memiliki ide-ide kreatif inovatif dalam mengembangkan usahanya melalui jejaring digital. (SPR)