April ini Beberapa Bansos Akan Segera Cair

0
38
Ilustrasi : seorang warga yang tengah menujukkan bantuan tunai yang diterimanya. (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berancana (Dinsosp3akb) Kabupaten Pati mengaku telah menyalurkan bantuan sosial (Bansos) di awal tahun 2021 ini. Adapun Bansos yang disalurkan ada beberapa jenis, di antaranya berupa PKH, BST juga BPNT.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tri Haryumi mengatakan PKH tahap I di Kabupaten Pati terdapat 47.208 KPM. Yang mana harus memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Bansos BST tiga bulan dari Januari s/d Maret sebesar  36.380 KPM,” ungkapnya kepada Samin News, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut, kata Tri sementara penyaluran bulan April pihaknya mengaku masih melakukan perbaikan  Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga hal ini dipadankan terlebih dahulu sesuai dengan by name by address atau sesuai nama serta alamat keluarga yang bersangkutan.

Terlebih sebelumnya Dinasos juga mengurangi bantuan sembako terdiri dari PKH, BPNT serta BST. Pada bulan Maret pihaknya mengurangi jumlah penerima bantuan sembako berjumlah 66.681 KPM.

Bantuan disalurkan bank Himbara melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sementara itu, lanjutnya program BPNT Perluasan disalurkan untuk bulan Januari dan Februari sekitar 61.000 KPM.

“Untuk reguler sekitar 75.000 dicairkan bulan April meskipun ada saldo kosong. Dan untuk bulan Maret-April tahap 1, 2, 3,4 dan 5 sekitar  119.151 KPM,” pungkas Tri.