Madrasah Berbasis Riset Sarana Optimalisasi Tujuan Pendidikan

0
90

SAMIN-NEWS.com,PATI – Upgrading Research Idea dan Konsolidasi Tim Riset oleh MTs Negeri 1 Pati dimaksudkan untuk menuju madrasah riset. Workshop pengembangan ini diikuti oleh 30 guru yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Namun demikian, Upgrading Research ini merupakan tindak lanjut SK Dirjen Pendis Kemenag Nomor 6757 tahun 2020 tentang madrasah penyelenggara riset. Adapun posisi MTsN 1 Pati masuk ke dalam daftar madrasah penyelenggara riset bersama 50 MTs se-Jawa Tengah dan 296 MTs se-Indonesia.

Abdulloh Hamid sebagai narasumber memaparkan materi terkait dengan sesuatu dipahami yang harus dilakukan untuk menuju madrasah riset. Menurutnya, di era riset kebijakan pendidikan harus berbasis riset.

“Kalau sudah berbasis riset Insya Allah pengambilan kebijakan termasuk tujuan mau kemana itu sudah jelas. Dan sebagai pendidik mempunyai kewajiban melakukan penelitan agar pendidikan kedepan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Selain pemaparan materi riset, pihaknya juga menyampaikan dengan materi digital. Tenaga didik tentu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kecanggihan perkembangan teknologi. Yang mana fungsinya adalah untuk mempermudah tujuan pendidikan.

Hamid menjelaskan untuk menjangkau madrasah digital, maka sumber daya manusia (SDM) tentu harus disiapkan. Hal ini juga termasuk tenaga didik dalam mengetahui gaya belajar siswa. Kemudian menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa, ketiga menyiapkan media pembelajaran yang mencakup visual, auditori, dan kinestetik.

“Saya melihat di madrasah ini sudah mempunyai modal, tapi memang masih membutuhkan tambahan yakni sistem yang terintregasi dan tersinkronisasi. Insya Allah saya siap mengawal dan siap belajar bersama,” ujar Hamid.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya madrasah dalam menjawab serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

“Semoga kedepannya selalu diberikan kemudahan untuk mewujudkan MTsN 1 Pati sebagai madrasah riset dan madrasah digital sehingga mbarokahi untuk madrasah tercinta,” harapnya.