Lomba MGMP IPS Tingkat SMP Dilaksanakan Secara Daring

0
81
Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Pati, Asrofi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Pati menyelenggarakan lomba bagi siswa jenjang SMP. Acara lomba MGMP IPS ini dilaksanakan di Aula SMP Negeri 4 Pati, Sabtu (3/4) pagi tadi.

Ketua MGMP IPS Pati, Asrofi mengatakan lomba diadakan setiap tahun awal semester genap. Diikuti oleh siswa SMP dan MTs se-Kabupaten Pati dengan jumlah 319 peserta. Terdiri dari 48 smp negeri 4 smp swasta dan 2 MTs.

“Karena mengingat corona virus desease (Covid-19), maka pelaksanaan lomba digelar secara daring atau online,” kata Asrofi kepada Samin News seusai pelaksanaan lomba via daring.

Pihaknya menuturkan bahwa pelaksanaan lomba dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu tahap babak penyisihan pada Sabtu (3/4) hari ini untuk menyeleksi 10 besar per tingkat (kelas 7, 8 dan 9).

“Dan tahap kedua yakni babak final yang rencana jadwalnya besok tanggal 8 April, dilakukan secara luring. 10 besar per tingkat itu jadi ada 30 peserta dikumpulkan di smp N 4 Pati untuk mengikuti paper test,” paparnya.

Ia menyebut bagi pemenang di masing-masing tingkat juara mendapat trophy/piala, piagam/sertifikat dan uang pembinaan. Adapun uang pembinaan juara I 250 ribu, juara II 225 ribu, dan juara III 200 ribu.

“Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman untuk anak-anak dalam lomba tingkat kabupaten. Tentunya pemenangnya bakal mengikuti lomba di tingkat yang lebih tinggi,” ungkap Asrofi.

Adapun mekanisme pelaksanaan lomba IPS adalah peserta diberikan link zoom yang digunakan adalah aplikasi Ujianku. Dan prosesnya dipantau oleh panitia lomba melalui daring pula.