SMP Negeri 3 Pati Optimis Raih Juara Lomba Sekolah Sehat

0
98

SAMIN-NEWS.com, PATI – Salah satu peserta atau sekolah dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yakni SMP Negeri 3 Pati optimis bisa meraih kemenangan. Dengan persiapan yang matang, maka bukan tidak mungkin bisa diraih.

Demikian diungkapkan oleh Kepala SMP Negeri 3 Pati, Ruqayah pada saat penilaian LSS oleh tim juri ke lokasi sekolah setempat, Jumat (19/3/2021) pagi tadi. Pihaknya menyebut optimisme untuk meraih juara dengan melengkapi instrumen yang digunakan.

“Sebelumnya kami tanyakan kepada tenaga pendidik apa mau dan siap mengikuti LSS, mereka sepakat siap. Juga kami sampaikan kepada komite sekolah, dan mendapat dukungannya,” kata Ruqayah seusai acara penilaian Lomba LSS.

Saking antusias dalam mengukir prestasi, bahkan menurutnya dalam tahun ini SMP 3 Pati tidak hanya mengikuti kegiatan LSS. Selain itu ada kegiatan Adiwiyata Mandiri, juga akreditasi nasional.

Lebih lanjut, untuk menyiapkan Lomba Sekolah Sehat yang notabenenya berkutat pada aspek fisik. Maka, tidak bisa instan satu hari, seminggu, sebulan bahkan bisa sampai tahunan untuk mewujudkan sarana dan prasarana yang baik untuk menunjang iklim sekolah sehat.

“Semenjak saya pindah di sini dari SMP Wedarijaksa itu sudah kami laksanakan. Pembenahan dari ujung ke ujung, ya memang membutuhkan waktu lama terkait dengan fisik, ” tegasnya.

Persiapan ini juga kaitannya pemenuhan sarana dan prasarana protokol kesehatan di tengah pandemi. Pasalnya, pihaknya menyebut belum belajar tatap maka, maka masih menjadi simulasi. Tiap waktu dievaluasi.

“Berkaitan wacana pembelajaran tatap muka, mau tidak mau harus siap SMP Negeri 3 Pati harus menjadi percontohan. Makanya tiap hari kita jaga kebersihan (maupun sarana protokol kesehatan),” ujarnya.

Menurut Kasi Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati, Adi Prasetyono bahwa ibu Ruqayah sangat semangat dan antusias mengikuti kegiatan ini. Adi menceritakan sebelumnya Ruqayah adalah Kepala SMP 1 Wedarijaksa.

“Beberapa tahun lalu, Ibu Ruqayah membawa SMP N Wedarijaksa menjadi juara 1 Lomba Sekolah Sehat. Dan kali ini saking antusias, juga ikut dari SMP 3 Pati,” ungkapnya.

Lomba Sekolah Sehat diikuti oleh 5 peserta, dan semuanya juga pingin membuktikan siapa yang terbaik dari yang baik untuk meraih juara satu. Masing-masing peserta adalah SMP 2 Tayu, SMP 1 Tambakromo, SMP 2 Batangan, SMP 2 Jakenan dan SMP Negeri 3 Pati.