SMA Negeri 1 Pati Siap Ujian Sekolah, Kepsek: Tinggal Nunggu Jadwal

0
22
Kepala SMA N 1 Pati, Kaslan memperlihatkan majalah Samin News.

SAMIN-NEWS.com, PATI – SMA Negeri 1 Pati memilih melaksanakan ujian sekolah secara online atau daring. Dan rencananya ujian sekolah bakal dilaksanakan akhir bulan yakni tanggal 29 Maret s/d 8 April.

Kepala SMA Negeri 1 Pati, Kaslan menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan ujian sekolah tinggal menunggu jadwal. Pasalnya, Ia mengaku sudah siap menyelenggarakan kegiatan pendidikan itu sebagai salah satu syarat mekanisme kelulusan peserta didik.

Menurutnya, persiapan SMA Negeri 1 Pati terkait ujian sekolah dengan koordinasi stakeholder di satuan pendidikan setempat. Mulai penulisan kartu soal ujian, pembuatan soal tes, juga penjadwalan sudah disiapkan.

“Dan saat ini kami memasuki tahap entry soal. Dari bapak/ibu guru kami masukkan dalam sistem, dan pada waktu jadwalnya, tinggal kita share kepada siswa,” ujar Kaslan di kantornya Kepada Samin News, Kamis (18/3/2021).

Lebih lanjut, Ia memaparkan mengingat kondisi pandemi seperti ini, maka tidak mungkin menjalankan kegiatan/ujian sekolah secara luring. Oleh sebab itu, satuan pendidikan menggunakan metode daring.

Pihaknya mengaku mengapa lebih memilih ujian sekolah daring, karena menerapkan protokol kesehatan. Yaitu dengan menghindari kerumunan atau mengumpulkan kerumunan.

“Terkait sosialisasi kepada siswa sudah dilakukan oleh wali kelas masing-masing. Dan wali kelas bertanggung jawab terhadap hadir dan ketidakhadiran oleh siswa,” bebernya.

Ia menyebut, meski sudah ada sosialisasi pelaksanaan ujian sekolah secara daring kepada baik siswa dan orang tua, tetapi tanggal 26 Maret ada sosialisasi fiksasi ujian sekolah. Yang mana memastikan terkait pelaksanaan ujian sekolah dengan jajaran pihak terkait.