Setahun Covid-19, Diskominfo Beberkan Tangani Isu Hoaks

0
19
Kepala Diskominfo Kabupaten Pati, Indriyanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sudah setahun kita dihadapkan dengan situasi Covid-19. Iya, sejak kemunculan di Indonesia Maret tahun lalu, pemerintah memutar otak menangani pandemi.

Penanganan dimulai dari sektor kesehatan, perekonomian, jaring pengaman sosial hingga edukasi terkait protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto mengatakan dari awal sejak kemunculannya itu, utamanya di Kabupaten Pati dengan mengendalikan isu hoaks yang berkembang.

Pasalnya, tidak dipungkiri bahwa awal munculnya Covid-19 hingga sekarang ada sebagian orang yang tidak mempercayai virus corona. Alih-alih, dianggap sebagai proyek rekayasa pemerintah mengambil kesempatan.

“Upaya Diskominfo terkait isu hoaks telah membuat website khusus anti hoaks. Juga selalu mengikuti dan memonitor terhadap informasi uptodate seputar informasi yang berkembang,” kata Indriyanto kepada Saminnews, Selasa (2/3/2021).

Pengendalian isu hoaks Covid-19, kata dia bahwa bila ada informasi yang melenceng maka dengan segera melakukan koordinasi, konfirmasi ke pihak terkait. Selain itu juga kepada OPD yang dimaksud dan membuat counter.

Menurutnya, informasi seperti itu akan bertentangan dengan fungsi edukasi maupun sosialisasi oleh pemerintah di tengah masyarakat.

“Artinya hal ini untuk meluruskan dengan antara lain melalui infografis yang kemudian dishare di media sosial atau website Pemkab,” tegasnya.

Dengan demikian, persoalan mengenai isu hoaks yang berkembang bisa diredam di tengah upaya penanganan Covid-19. Juga semua stakeholder terkait bisa fokus menangani hingga tuntas, meski saat ini belum usai.