Ruas Jalan Jakenan-Jaken Dilebarkan 1,5 Meter

0
93
Ekskavator tengah mengeruk lubang untuk pelebaran jalan sisi kiri (utara) Jakenan-Jaken.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selasa (16/3) ini, rekanan pemenang tender pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken, PT Larisa Jaya Konstruksi, mulai melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Satu di antara paket pekerjaan tersebut pelebaran ruas jalan yang dimulai dari ujung barat, sekitar perempat Sleko.

Sedangkan pelebaran di sisi kiri dan kanan, masing-masing 75 cm dan lubang galian untuk pemadatan dengan kedalaman 40 cm. Untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut panjang seluruhnya mencapai 3,8 kilometer lebih yang terbagi menjadi dua segmen sehingga untuk sementara para pengguna jalan yang dari timur (Jaken) maupun barat (Sleko) saat melintas pasti terganggu.

Karena itu, papar pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Galuh, pihaknya mohon pengertian kepada para pengguna jalan, baik yang berkendara motor maupun roda empat tidak perlu saling berebut. ”Jika saat ini upaya pelebaran berlangsung pada sisi utara, maka setelah selesai satu segmen ini ganti yang sisi selatan,” ujarnya.

Adapun satu segmen ini, lanjutnya, yaitu mulai dari perempatan Sleko hingga Alun-alun maupun Kantor Kecamatan Jakenan. Setelah penggalian mencapai kedalaman 40 cm, maka dasar lubang langsung dipadatkan, dan selesai itu akan diisi dengan beskos yang juga harus dipadatkan secara maksimal, tiap lapisnya masing-masing dengan ketebalan 20 cm.

Dengan demikian, jika pemadatan beskos pada satu lubang dengan kedalaman 40 cm, maka tahap berikutnya adalah pengisian lubang tersebut denga beskos. Berikutya dilakukan pemadatan, sehingga hasil penambahan lebar ruas jalan tersebut hasilnya benar-benar maksimal, sehingga jika saat ini masih sering turun hujan, hasil pemadatannya tentu lebih bagus.

Menjawab pertanyaan, Galuh menambahkan, sesuai kontrak untuk pelaksanaan paket pekerjaan ini ditetapkan selama 120 hari kalender, atau selama empat bulan. ”Dengan demikian, jika saat ini diawali pada pertengahan Maret, maka pertengahan Juli mendatang apa yang harus kami kerjakan nanti benar-benar sudah tuntas,” tandasnya.