Rekanan Siapkan Pelaksanaan Pekerjaan Lapangan untuk Paket Peningkatan Ruas Jalan

0
48
Rekanan penyedia jasa paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken, PT Larisa Jaya Konstruksi bersama konsultan pengawas dan pengawas teknis dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati mengecek persiapan pelaksanaan pekerjaan, di ruas jalan tersebut.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebagai rekanan pemenang tender paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jaken, PT Larisa Jaya Konstruksi, Selasa (9/3) hari ini melaksanakan pengecekan ke lapangan. Hal itu di lapangan bersama konsultan pengawas, dan pengawas teknis dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaam Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati.

Dari hasil penawaran harga di mana rekanan yang bersangkutan ditetapkan sebagai pemenang, karena dari pagu anggaran sebesar Rp 7,8 miliar oleh rekanan ditawar Rp 5,5 miliar. Sedangkan peningkatan ruas jalan lainnya adalah Winong-Pucakwangi dari pagu anggaran Rp 7,15 miliar oleh rekanan yang sama ditawar Rp 5,185 miliar.

Dengan demikian, papar Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bidang Binamarga DPUTR Kabupaten Pati, Hasto Utomo, untuk pengecekan dan persiapan di lapangan untuk paket pekerjaan tersebut sudah dilakukan pihaknya bersama rekanan, dan konsultan pengawas Senin (8/3) kemarin. ”Untuk volume paket peningkatan ruas jalan tersebut sepanjang 3,5 kilometer dan lebar 6 meter,” ujarnya.

Pelaksana lapangan PT Larisa Jaya Konstruksi (kiri), Amin bersama konsultan pengawas dan pengawas teknis dari Bidang Binamarga DPUTR Kabupaten Pati saat melaksanakan pengecekan persiapan paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Jakenan-Jakenan.

Terpisah, pelaksana lapangan dari rekanan pemenang tender yang bersangkutan, Amin, memaparkan, untuk paket pekerjaan ini dengan nilai anggaran sebesar itu diperkirakan bisa mendapatkan volume peningkatan ruas jalan tersebut sekitar 3,8 kilometer. Sedangkan untuk pakerjaan tersebut titik nol-nya dimulai dari perempatan Sleko, yakni antara Jakenan-Winong dan Juwana-Pucakwangi.

Sedangkan di sepanjang ruas jalan tersebut (Jakenan-Jaken) jika konstruksinya masih baik, tentu disertakan dalam paket pekerjaan ruas jalan dimaksud. Praktisnya, ruas jalan yang masih baik itu ditinggal seperti akses ruas jalan dengan rigid beton di sisi timur Jakenan, dan sebagian dengan lapisan yang masih baik sampai menjelang perbatasan Jaken.

Tepat lepas dari perbatasan tersebut, begitu memasuksi Desa Mojoluhur, Kecamatan Jaken ke timur kerusakan ruas jalan tersebut cukup parah. ”Karena itu, peningkatan ras jalan ini harus dilakukan hingga sampai di Balingtan, masuk Desa Sidomomukti Kecamatan Jaken, kalau yang di sisi selatan dan yang di sisi utara masuk Desa Lundo juga di wilayah kecamatan yang sama,” imbuhnya.