Pengambil Nomor Undian Calon Didahului Pitsut

0
127
Calon Kepala Desa Sidomukti, Kecamatan Margoyoso, adalah pasagan suami-istri di mana H Karwito SPd MM (incumben) yang akan berhadapan dengan istrinya, Hj Suharwati. Selesai pemeriksaan berkas persyaratan dinyatakan lengkap, mereka berjabat tangan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penetapan bakal calon mejadi calon di Kecamatan Margoyoso, Rabu (24/3) hari ini, adalah kali yang kesembilan dari 15 desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Sabtu (10/4) mendatang. Sedangkan bakal calon yang ditetapkan tadi pagi adalah calon dari Desa Sidomukti, masing-masing H Karwito SPd MM, dan lawannya adalah istri sendiri, Hj Suharwati.

Setelah penelitian kelengkapan berkas persyaratan oleh Ketua Panitia Pemilihan, Ali Matukin dinyatakan memenuhi syarat, maka berikutnya kedua calon tersebut di minta maju ke depan. Sebab, berikutnyq adalah pengundian dan pengambilan nomur urut dua orang calon tersebut yang didahului dengan berjabat tangan.

Selanjutnya,  Ali Matukin, memaparkan bahwa pengambilan nomor urut tentang siapa yang lebih dulu melakukan harus dilakuan dengan cara ”pitsut.” ”Dengan demikian, siapa yang menang dalam pitsut tersebut, dialah yang berhak megambil undian nomor lebih dahulu, baru berikutnya yang kalah,” ujarnya.

Pasangan suami istri, H Karwito SPd MM saat melakukan pitsut calon lawannya yang tak lain adalah istri sendiri, Hj Suharwati.

Ternyata, lanjut dia, yang menang dalam ”pitsut” tersebut tak lain adalah Karwito, sehingga yang bersangkutan lebih dahulu mengambil nomor undian. Baru berikutnya, adalah istrinya, dan kemudian dibuka bersama-sama di depan yang hadir, baik panitia, BPD maupun Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), di antaranya Camat Margoyoso, Suristo SH.

Berikutnya, adalah pembukaan bersama-sama nomor undian, di mana Karwito sebagai calon ”incumben” mendapatkan nomor urut 1. ”Sedangkan istrinya, mendapat nomor urut 2, dan hasil itu akan segera disosialisasikan kepada masyarakat melalui pemasangan gambar oleh panitia, sehingga masyarakat Sidomukti tahu, siapa calonnya yang akan tampil dalam pilkades nanti,” imbuhnya.

Calon Kepala Desa (Kades) Sidomukti, Kecamatan Margoyoso dengan nomor urut 1, H Karwito SPd MM (incumbent) da lawannya adalah istri sendiri, Hj Suharwati dengan nomor urut 2.

Diperoleh keterangan, di beberapa desa lainnya di wilayah kecamatan setempat untuk bakal calon maupun calon yang tampil dari  pasangan suami dan istri memang ada beberapa. Bahkan ada satu desa dengan empat calon, masing-masing adalah pasangan suami istri, dan hal itu memang menjadi bagian dari strategi jika pasangan suami-istri tersebut tiba-tiba ada yang mengundurkan diri.