Pencairan Bansos Sembako Ditunda Bulan April

0
17
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb) Kabupaten Pati, Tri Haryumi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak dan Keluarga Berancana (Dinsosp3akb) Kabupaten Pati menyebut pencairan bantuan sosial melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bakal disalurkan pada bulan April.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tri Haryumi mengatakan surat Kementerian Sosial (Kemensos) untuk jadwal pencairan bansos bulan Maret ditunda bulan April. Tetapi Mensos, Tri Rismaharini meminta dicairkan akhir Maret.

“Untuk pencairan bansos dari Kemensos, bulan Maret ditunda bulan April,” ucap Tri Haryumi kepada Samin News beberapa hari lalu.

Meski demikian, saat sosialisasi oleh bank penyalur sarana pencairan bansos sudah siap. Dari jadwal bank BRI Pati, kami tanya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sudah siap. Mulai dari kartunya, tabungan juga mesin sudah selesai.

Secara eksplisit, pihaknya berharap dengan ditundanya pencairan bansos ini mampu tidak membuat suasana gaduh di tengah masyarakat. Pasalnya, pemerintah Kabupaten Pati ada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

“Kita (Pemkab Pati) kan punya gawe hajatan Pilkades tanggal 10 April, jadi saya berharap jangan sampai mengganggu kondusifitas,” ungkapnya.

Terlebih, kata dia bahwa biasanya memang pencairan bansos dijadwalkan setelah tanggal 10 tiap bulan. Sehingga, momentum itu akan menghindari kegegeran warga dari hiruk pikuk kontestasi Pilkades.

“Biasanya memang jadwalnya di atas tanggal 10, itu malah kebetulan enak. Pilkades selesai, baru bansos pencairan,” ujar Tri.