Kemenag Pati Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan Bagi Penyuluh

Suasana saat acara berlansung.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati membekali tenaga penyuluh terkait dengan materi wawasan kebangsaan. Acara itu dalam bentuk Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Penyuluh di Aula Gedung Kemenag, Selasa (30/3/2021) tadi pagi.

Dalam jadwalnya, acara dimulai pukul 08.00 s/d 15.00 yang diikuti sebanyak 36 peserta. Dengan menghadirkan narasumber dari Kodim Pati serta Polres Pati.

Kasi Bimas Islam pada Kemenag Pati, Moh. Alimin mengatakan kegiatan pembinaan untuk menguatkan paham moderat, tidak kaku serta terbuka kepada sesuatu yang baru.

“Intinya kegiatan ini untuk membekali para penyuluh di Kabupaten Pati sebanyak 176. Masing-masing KUA terdapat delapan penyuluh,” ungkap Alimin disela kegiatan kepada Samin News.

Menurutnya, sosialisasi wawasan kebangsaan bagi penyuluh hari ini, ada kaitannya dengan kegiatan pekan kemarin, yakni terkait moderasi beragama. Bahwa sebelumnya, mereka dibekali dengan materi moderasi dalam beragama.

Sebab, lanjutnya melalui penyuluh tersebut upaya yang dilakukan oleh paham-paham intoleran bisa dideteksi. Pihaknya mengatakan mengapa mengusung tema-tema ini, karena ini yang berkaitan tentang bagaimana menghindari, menghilangkan sikap intoleran, radikalisme apalagi terorisme.

“Kalau tema pekan kemarin, terkait moderasi beragama. Dan sekarang kita sasar, kuatkan lagi pada wawasan kebangsaan,” ujar Alimin.

Supaya, masih kata dia nanti materi yang diterima tersebut akan dibawa penyuluh ke majlis ta’lim binaaan di masing-masing wilayah kerja mereka. Juga menguatkan terkait wawasan kebangsaan juga moderasi beragama hingga ke akar rumput elemen masyarakat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Perangkat Desa Terpapar Covid-19; Santiaji Pilkades Belum Bisa Dilaksaakan
Next post Tidak Ada Penjemputan Pemilih Dalam Pilkades
Social profiles