Kapolsek Pati Minta Ciptakan Pilkades yang Sehat

0
41
Saat penandatanganan deklarasi damai yang digagas Pemerintah Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kapolsek Pati Kota, Aris P meminta pelaksanaan pemilihan kepala desa berlangsung secara jujur juga adil (Jurdil). Hal ini dengan para panitia, tokoh juga segenap pihak secara sadar membuat iklim demokrasi yang sehat.

Demokrasi yang diharapkan itu dengan menandatangani bersama Deklarasi Damai yang digagas Pemerintah Kabupaten Pati. Lalu dilaksanakan pemerintahan yang di bawahnya.

“Tolong dibantu kami untuk mau menandatangani Deklarasi damai ini tujuannya untuk menjaga situasi dan kondisi dari pelaksanaan Pilkades,” ucapnya pada saat Penetapan Calon Kepala Desa Blaru, Selasa (23/3/2021).

Pemilihan kepala desa merupakan salah satu bentuk demokrasi, yaitu dengan tujuan untuk menciptakan pemimpin dari hasil pemilihan masyarakat langsung. Dengan begitu tidak ada pemaksaan di dalamnya.

“Para pendukung calon monggo diarahkan dikoordinasikan, agar tidak ada euforia berlanjut. Memang perlu, tapi hanya sebatas penyemangat, jangan sampai ada intimidasi masyarakat untuk merebut hati warga,” paparnya.

Dijelaskan deklarasi damai untuk Toga, Tomas dan Toda itu adalah agar senantiasa menjaga keamanan dan ketentraman di lingkungan pemukiman dan tempat kerja masing-masing.

“Siap menjamin dan menghormati kebebasan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya,” lanjut bunyi deklarasi damai.