Dispermades Gelar Bimtek Aplikasi e-siltap

0
104
Kepala Bidang Pembangunan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades), Indah Pebriana Wijayanti.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati mengadakan sosialisasi bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi e-siltap. Acara ini diselenggarakan oleh Dispermades selama dua hari melalui daring.

Kepala Bidang Pembangunan Desa, Indah Pebriana Wijayanti mengungkapkan bahwa aplikasi e-siltap merupakan sesuatu yang baru. Dengan begitu, desa perlu menyesuaikan terkait pengelolaannya.

“Karena aplikasi e-siltap ini baru, jadi pemerintah desa membutuhkan sosialisasi semacam bimbingan ya. Makanya, sejak Selasa kemarin dan Rabu ini kita adakan sosialisasi,” ucap Indah, Rabu (10/3/2021).

Ia menyebut sosialisasi bimbingan teknis ini tujuannya adalah dalam rangka bagaimana cara mengoperasikan aplikasi. Jadi, semua desa, 401 desa mengikuti program kegiatan sosialisasil bimtek.

“Ini dilakukan bertahap, karena menggunakan zoom. jika langsung semua itu pasti terkendala, kurang fokus, kurang efektif, kita bagi empat sesi,” lanjutnya.

Empat sesi sosialisasi bimtek aplikasi e-siltap dengan rincian untuk hari Selasa (9/3) kemarin, sesi pertama dimulai pukul 09.00 s/d 11.00 WIB dan sesi kedua dimulai 11.00 s/d 13.00 wib. Sementara untuk hari kedua Rabu (10/3) hari ini jadwalnya juga sama.

Dengan demikian, inovasi pembuatan aplikasi e-siltap oleh Dispermades tersebut bagi pemerintah desa harus benar-benar valid. Pasalnya, di dalamnya memuat data identitas jajaran pemerintah desa, mulai Kades, Sekdes hingga perangkat desa lain.

Ia mengaku, langkah digitalisasi ini mendapat respon positif dari masing-masing desa. Karena, ke depan membuat kemudahan bagi aparat desa dalam menyusun pengajuan, tidak ribet.

“Respon Pemdes itu sangat antusias, karena mereka tidak menggunakan secara manual lagi. Pemdes tinggal menyatakan data di aplikasi itu benar, maka tinggal mencetak permohonan yang sudah disediakan di aplikasi,” tandasnya.