Disnaker Pati : Jangan Bergantung dengan Program Kartu Prakerja

0
15
Ilustrasi : seorang pekerja yang tengah menjalankan pekerjaannya di tengah musim pandemi. (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 15 sudah dibuka pemerintah kemarin, Kamis (18/3/2021) dilaman resmi www.prakerja.co.id. Diketahui program prakerja merupakan program untuk pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya untuk para pencari kerja, korban PHK atau peningkatan kompetensi.

Program tersebut pun telah banyak membantu para pencari kerja dalam hal modal maupun pelatihan kerja. Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan Kepala Dinas Kabupaten Pati Tri Hariyama, saat ditemui Samin News, Jum’at (19/03/2021).

“Selama ada program Kartu Prakerja tentu ada peningkatan (keterampilan),” katanya pada Samin News saat ditemui di meja kerjanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja tri Haryama saat ditemui Samin News. (Iir Khoiriyah/Samin News)

Meski begitu, pihaknya yang hanya sebagai pemerintah daerah yang bertugas mengarahkan dan membantu kesulitan dalam pengurusan kartu prakerja, tentu mengembalikan semuanya lagi kepada para pencari kerja.

“Ya tentunya sangat membantu tapi dikembalikan lagi kepada mereka. Mencari kerja itu kan dikatakan sulit ya sulit, mudah ya mudah,” katanya.

Yang dimaksud pihaknya adalah para pekerja harus memiliki niat yang bulat dalam bekerja, tidak setengah-setengah. Apalagi pemerintah sudah memberikan ruang dan fasilitas seperti diadakannya program Kartu Prakerja maupun sarana lain seperti Balai Latihan Kerja (BLK).

“Misalnya alasan modal itu sebenarnya tidak semuanya, katakanlah soal pelatihan-pelatihan itu kan ada BLK. Itukan gratis tanpa biaya bahkan mendapat uang transport dan makan siang,”  terangnya.

Lanjutnya, Ia mengatakan masalah modal memang kerap dikhawatirkan. Padahal yang terpenting adalah apa yang menjadi keinginan dan jika keinginan tersebut diikuti tentu akan menambah mudah dalam perjalanan mencari kerja.