BPS Pati Listing Rumah Tangga untuk Sampel Susenas

0
44
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pati Anang Sarwoto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati mengatakan kini tengah menjalani salah satu tahapan survei sosial ekonomi nasional (Susenas). Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) serentak dilakukan di Indonesia pada 1 Maret 2021.

“Persiapan Susenas tahun 2021 mulai hari ini listing responden rumah tangga,” kata Kepala BPS Pati, Anang Sarwoto saat dikonfirmasi Saminnews, Senin (1/3/2021).

Listing rumah tangga oleh BPS ini, lanjut Anang sebagai tahapan mekanisme prosedur survei. Yakni sebelum diambil sampel survei rumah tangga terpilih Susenas, maka dilakukan listing/pendaftaran rumah tangga di blok Sensus dahulu.

“Adapun nanti sampel untuk Susenas ada 91 blok Sensus. Dan sebanyak 910 rumah tangga terpilih,” imbuhnya.

Artinya, di Kabupaten Pati mengambil 910 rumah tangga. Yakni dari tiap blok terdiri dari 10 rumah tangga sebagai bahan pengambilan data penelitian survei. Dengan demikian, Susenas yang hendak menampilkan kondisi sosial-ekonomi, bisa diketahui secara perkiraan per blok wilayah.

Baik yang tinggal di perdesaan maupun perkotaan. Sebelum mencacah sampel tersebut akan dilakukan pendaftaran rumah tangga (listing) di setiap blok sensus.

“BPS sudah menerjunkan sekitar 70 orang petugas, yang rencana jadwalnya akan dilaksanakan hingga akhir bulan Maret 2021,” papar Anang.

Susenas yang dilakukan di seluruh penjuru Indonesia ini sangat bermanfaat untuk menampilkan potret kondisi sosial ekonomi masyarakat. Terlebih, pasca munculnya pandemi Covid-19 hampir semua sektor terdampak yang akhirnya menambah daftar kelam membentuk ketimpangan, baik sosial maupun ekonomi.