Boardhing, Kelas Unggulan di MAN 1 Pati

0
167
Gedung Sekolah MAN 1 Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – MAN 1 Pati semenjak mempunyai fasilitas asrama atau boardhing bagi siswanya, secara tahun ke tahun menunjukkan peningkatan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Yang mana menjadi bagian dari daya tarik bagi calon siswa baru.

“Sejak empat tahun terakhir, MAN 1 Pati banyak peningkatan terutama unggulan kelas boardhing,” kata Kepala MAN 1 Pati, Muhammad Kodri kepada Samin News beberapa hari lalu.

Dimana kelas boardhing ini, menurutnya pembiasaan melatih kedisiplinan. Juga, diimbangi dengan ngaji kitab kuning. Selain itu, pembiasaan ini dalam pengawasan kontrol hingga 24 jam. Mulai bangun tidur hingga tidur kembali.

Ia menyebut peningkatan penerimaan siswa baru ini ditunjukkan oleh siswa yang lulus snmptn. Dengan menghitung bagi siswa yang mengikuti boardhing dan sebaliknya non boardhing.

Kepala MAN 1 Pati, Muhammad Kodri.

“Peningkatan itu naik cukup signifikan. Hingga 70 persen bagian dari boardhing. Tahun kemarin sebanyak 20 siswa yang lolos dalam masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN,” terangnya.

Artinya, masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN oleh Mansapa didominasi separuh lebih dari siswa boardhing. Pasalnya dengan bekal ilmu baik ilmu umum maupun aga sama-sama dipelajari hingga menjadi nilai tambah.

“Yang membedakan boardhing MAN 1 Pati ini adalah murni salaf, setelah belajar materi umum (pagi). Kemudian setelah asar masuk Diniyah kitab-kitab salaf yang dipelajari,” pungkasnya.