Awal April SMA Negeri 1 Pati Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

0
84
Kepala SMA N 1 Pati, Kaslan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Berkaitan dengan wacana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka yang akan digulirkan oleh pemerintah daerah Pati. Kini satuan pendidikan diminta untuk menyiapkan segala sarana dan prasarana di tengah situasi pandemi.

Oleh sebab itu, pemerintah membuat simulasi skema pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Sementara pada jenjang menengah ke atas, SMA Negeri 1 Pati bakal uji coba atau simulasi.

Kepala SMA Negeri 1 Pati, Kaslan mengatakan rencananya bakal melakukan simulasi pembelajaran tatap muka. Hal ini untuk melihat dan bahan evaluasi sejauh mana kesiapan satuan pendidikan menerapkan KBM tatap muka.

“Ini berdasarkan kesepakatan bersama dengan SMA lain serta rekomendasi dari pemerintah daerah,” ucapnya kepada Samin News, Kamis (18/3/2021) kemarin.

Akan tetapi, lanjut Kaslan sementara untuk jadwal pastinya baru akan dibahas dengan stakeholder di jajaran sekolah. Tetapi, simulasi KBM di dalam kelas pihaknya menyebut dimungkinkan akan dilakukan pada awal bulan April.

Sehingga, jika sukses menggelar simulasi pembelajaran tatap muka ini akan menjadi percontohan sekolah lain. Utamanya apa yang harus disiapkan berkait dengan protokol kesehatan.

Menurutnya, pada pelaksanaan simulasi tatap muka oleh SMA Negeri 1 Pati bukan hanya pada saat tiba di satuan pendidikan. Melainkan, mulai dari peserta didik atau siswa berangkat dari rumah.

“Simulasi pembelajaran tatap muka ini mulai  siswa berangkat dari rumah perjalanan ke sekolah. Kemudian masuk sekolah dan di dalam kelas, lalu pulang kembali ke rumah masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan simulasi bakal diikuti oleh semua kelas, yakni mulai dari kelas 10, 11 dan 12. “Namun kepastiannya adalah masing-masing kelas tersebut hanya diikuti dari separuh peserta didik,” pungkasnya.