I-Pati Pintar Dilaunching Secara Virtual Via Zoom

0
26
Saat dilaunchingnya aplikasi I-Pati Pintar via zoom.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bupati Pati Haryanto, SH., MM., M.Si berserta rombongan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pati meluncurkan aplikasi I-Pati Pintar. Aplikasi digital yang bisa diunduh melalui smartphone tersebut diyakini bakal meningkatkan minat baca dan menulis, serta memudahkan para pelajar maupun masyarakat luas untuk menambah pengetahuan.

Acara launching tersebut dihadiri dua narasumber Priyo Anggoro BR., SH., M.,Si selaku Kepala Dinas ARPUS Prov Jateng, Sulasmo selaku CEO Aksara Maya dan Sugiri Pustakawan Dinarpus Kabupaten Pati selaku Moderator.

Aplikasi tersebut resmi di Launchin oleh Bapak Bupati Haryanto, SH., MM., M.Si pada Rabu (17/2/2021).

Sebanyak 100 lebih peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka tidak hanya berasal dari dalam kota, tetapi ada yang dari luar kota bahkan sampai luar Jawa, diantaranya ada dari Aceh, NTT, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Saat dilaunchingnya aplikasi I-Pati Pintar via zoom.

Acara yang dilakukan secara virtual online via zoom itu berjalan dengan lancar. Meskipun dilaksankan secara virtual online, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan memakai masker dan tidak berkerumun, mengingat masih berada di tengah pandemic. Selain melalui aplikasi zoom juga melalui live streaming YouTube Arpusda Pati.

“Dengan adanya IPati Pintar ini bertujuan untuk memudahkan para pelajar sehingga akses itu bisa di buka dimanapun kita berada, apa yang dibutuhkan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK itu semuanya terpenuhi,” jelas Haryanto.

Bupati Pati Haryanto berharap dengan hadirnya aplikasi I-Pati Pintar ini bisa menumbuh kembangkan minat mulai dari membaca, menulis, berhitung dan sebagainya, sekiranya menambah ilmu pengetahuan. Para pengelola juga di himbau untuk memastikan keefektifan aplikasi tersebut baik dari referensi maupun ketersediaan buku. Sehingga tidak ada pelajar atau masyarakat yang merasa kesusahan dalam menggunakan aplikasi digital library tersebut

“Dengan hadirnya aplikasi ini kita bisa memfasilitasi bagi masyarakat yang tidak mampu membeli buku, kita juga membudayakan untuk gemar membaca. Karena pada dasarnya bacaan apa saja yang kita baca pasti bermanfaat,” terangnya.

Selain launching aplikasi I-Pati Pintar, juga diadakan webinar dengan tema Peningkatan Budaya Literasi Masyarakat di masa pandemi covid-19 di Jawa Tengah. Sebagai edukasi kepada masyarakat akan pentingnya meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan.