80 Peserta Ikuti Lomba Pati Inovation Award 2021

0
29
Poster/banner perlombaan Pati Inovation Award.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pendaftaran lomba ‘Pati Inovation Award 2021’ pemerintah Kabupaten Pati melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dimulai dari tanggal 14 s/d 31 Januari. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sistem atau aplikasi yang telah disediakan.

Menurut Kasubbid Inovasi dan Teknologi Litbang pada Bappeda, Wiwik Srihartini mengungkapkan penerapan pendaftaran melalui aplikasi tersebut, baru pertama tahun 2021 ini melalui aplikasi Sinopati (Sistem Informasi Inovasi Kabupaten Pati).

“Karena pendaftar mungkin tidak tahu, kendala teknisnya ada ada yang dobel. Perkiraan kami pendaftar ada 80-an peserta,” ujar Wiwik saat ditemui di kantornya, Rabu (3/2/2021).

Kasubbid Inovasi dan Teknologi Litbang, Wiwik Srihartini.

Untuk diketahui, lomba Pati Inovation Award 2021 oleh Bappeda ada 10 aspek atau kategori yang dilombakan. Kesepuluh aspek itu diantaranya adalah Agribisnis dan pangan, Energi, Kehutanan dan lingkungan, Kelautan dan Perikanan, kesehatan, obat-obatan dan kosmetika,, pendidikan, rekayasa teknologi dan manufaktur, kerajinan dan Industri rumah tangga, sosial serta industri kreatif.

Sementara sasaran dari event ini adalah diperuntukkan bagi pelajar/mahasiswa juga masyarakat atau boleh juga diikuti golongan aparatur sipil negara (ASN).

Dari 80-an peserta yang telah mendaftarkan diri tersebut, pihaknya menjelaskan belum diketahui dari aspek atau bidangnya terkait inovasi atau kreativitas apa saja. Pasalnya, tahapannya yaitu peserta diawal hanya mendaftar. Baru kemudian ada tahap coaching clinic atau pembimbingan singkat terhadap peserta.

“Choacing clinic ini untuk penyusunan proposal. Nah setelah itu baru kami tahu dari peserta tersebut di bidang apa. Tapi, sementara yang daftar kebanyakan dari pelajar, mulai tingkat SMP sampai mahasiswa,” tuturnya.

Harapnya, kaitannya dengan kreativitas dan inovasi, menurut Wiwik di masa pandemi ini masyarakat harus tetap menjaga kreativitas. Misalnya bagi pelaku usaha dibutuhkan untuk memasarkan produknya. Nah, kreatifitas penting dalam menjaga pangsa pasar demi keberlangsungan usaha.