Untuk Menata Kembali Stadion Joyokusumo Dialokasikan Anggaran Rp 16 Miliar

0
54
Kondisi lapangan rumput Stadion Joyokusumo sebelum dilakukan penataan rumputnya diganti rumput sintetis Tahun Amggaran 2020, untuk tahun ini (2021) ganti penataan lintasan atletiknya.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selesai penataan rumput sintetis dan penataan lapangan Stadion Joyo Kusumo  yang menelan biaya sebesar Rp 9 miliar Tahun 2020 lalu, untuk Tahun 2021 ini kembali dilakukian penataan. Pagu anggaran yang dialokasikan untuk keperluan itu kali ini besarannya mencapai Rp 16 miliar.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Arif Wahyudi, menjawab pertayaan ”Samin News”, Jumat (22/1) hari ini.  Jika tahun lalu, penataan fasilitas olahraga di Pati itu terfokus pada penataan rumput dan drainase keliling lapangan, maka tahun ini ada beberapa sub-pekerjaan yang harus dilaksanakan.

Utamanya, lanjut Arif Wahyudi adalah penataan lintasan untuk cabang olahrga atletik yang akan diupayakan lebih represetentatif. ”Dengan kondisi fasilitas lintasan itu, maka para atlet baik atlet lari maupun cabang olahraga atletik lainnya bisa memanfaatkan faslitas tersebut untuk berlatih secara maksimal, dan hasil akhir tentu prestasinya lebih meningkat,” ujarnya.

Kondisi tribune, lintasan, dan pagar pembatas antara tribune dan lintasan atletik yang menuntut juga pernaikan maksimal.

Selain itu, lanjutnya, dengan pagu anggaran mencapai lebih dari Rp 15 miliar tentu ada pula fasilitas lain yang ditambah atau dimaksimalkan . Yakni, penambahan lampu penerangan dalam stadion, sehigga Stadion Joyo Kusumo bisa digunakan untuk bermain pada malam hari, sehingga dalam menggelar pertandingan tidak perlu lagi mempertimbangkan siang maupun malam.

Adapun fasilitas lain yang harus dipenuhi dalam penataan lintasan atletik Stadion Joyo Kusumo tahun ini, tentu termasuk pagar di depan tribune. Sedangkan yang lain, tempat/bangku cadangan bagi para pemain yang harus menunggu  juga menjadi perhatian pihaknya, karena fasilitas tersebut juga tidak kalah penting agar kondisi Stadion Joyo Kusumo benar-benar representatif dan menjadi kebanggaan orang Pati.

Untuk bisa segera melakukan penataan tersebut, kini pihaknya juga menyiapkan hal-hal yang berkait dengan mendaftarkan penataan paket pekerjaan tersebut. ”Paling tidak awal Maret paket pekerjaan tersebut sudah ditenderkan,” imbuhnya.