Per 15 Januari, Penyaluran BST Kantor Pos Pati Capai 59 Persen

0
48
Kantor Pos Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pendistribusian bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Kabupaten Pati yang bekerjasama dengan PT Pos sudah terealisasi 59 persen atau telah menjangkau 15.370 keluarga penerima manfaat (KPM) dari 26.049 keluarga yang terdaftar sebagai penerima.

“Total 59 persen sampai dengan tanggal 15 Januari kemarin penyaluran di Kabupaten Pati sudah terealisasi,” kata Ketua Penyaluran program bantuan BST Kantor Pos Pati, Adhi Kuspramono saat dikonfirmasi Saminnews, Sabtu (16/1/2021).

Menurut Adhi, Kantor Pos Pati penyaluran bantuan uang senilai Rp 300.000 itu dilakukan secara bertahap di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pati. Mulai dari tanggal 9 s/d 17 Januari 2021. Artinya penyaluran bantuan sosial BST ini dilakukan selama sembilan hari.

Sejak dimulai pada Sabtu pekan lalu sampai Jumat kemarin, menurut data yang dimiliki BST telah disalurkan kepada KPM di semua kecamatan di Kabupaten Pati. Dari selatan di Kecamatan Sukolilo, hingga bagian barat di Kecamatan Cluwak.

“(dalam penyalurannya) di semua kecamatan hingga hari ini masih proges tetap berlanjut. Pasalnya, masing-masing kpm di kecamatan belum sepenuhnya 100 persen diambil,” bunyi data yang dimiliki Kantor Pos tersebut.

Data tersebut menjelaskan bahwa hingga Jumat kemarin, sedikitnya masih ada sisa yang belum diambil yakni 10.679 KPM. Namun, penerima masih mempunyai tenggat waktu hingga satu hari kedepan, sampai hari Ahad (17/1) besok.

“Sisanya kebanyakan belum datang ambil, kan memang penyaluran BST tahap 10 ini masih ada jadwal pembayaran hari ini dan juga besok,” ujar Adhi.

Bantuan ini sebagai Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk mengurangi beban ekonomi akibat dampak pandemi yang masih berlangsung. Sebab, masyarakat lantaran adanya wabah pandemi menjadi terganggu dan imbasnya luar biasa.